Bantu Korban PHK, Ganjaran Buruh Beri Solusi Begini, Silakan Disimak

Senin, 11 September 2023 – 00:30 WIB
Ketua Umum Ganjaran Buruh Berjuang (GBB), Lukman Hakim menyatakan telah menerima aspirasi dari para buruh korban PHK se-Jabodetabek. Foto: soucre for jpnn

jpnn.com, BOGOR - Seorang karyawan korban pemutusan hubungan kerja (PHK), Hudaidah mengadu kepada sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB).

Dia mengaku kesulitan mendapatkan pekerjaan seusai menjadi korban PHK oleh salah satu perusahaan di wilayah Bogor.

BACA JUGA: Ganjaran Buruh dan SPN Merambah Perkebunan Sawit Untuk Raih Dukungan 35.000 Pekerja

Kini, dia harus mengumpulkan barang bekas demi memberi menghidupkan empat orang anaknya itu.

"Saya kerja serabutan, apa saja gitu. Tapi kalau enggak ada, ngumpulin barang bekas yang bisa dijual, pokoknya agar bisa bertahan hidup untuk anak saya," ucap Hudaidah, yang suaminya telah tutup usia.

BACA JUGA: HUT RI, Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Perlombaan, Pekerja dari 10 Perusahaan Ambil Bagian

Hudaidah mengungkapkan hal itu saat bersama dengan korban PHK lainnya di wilayah Jabodetabek, menyambangi kantor DPP GBB di Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (9/9).

Wanita 46 tahun itu berharap GBB bisa memberi solusi terhadap kondisinya saat ini.

BACA JUGA: Semarakkan HUT Ke-78 RI, Ganjaran Buruh Berjuang Gelar Upacara Kemerdekaan di Subang

Hudaidah juga menginginkan para korban PHK bisa diberikan solusi seperti diberikan pekerjaan lagi, pemberian modal usaha, ataupun diberlakukan aturan terkait peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya buruh.

"Harapanya Pak Ganjar jadi presiden, biar hidup kami yang korban PHK, bisa lebih baik," kata wanita asal Kab. Bogor tersebut.

Korban PHK juga dialami oleh sejumlah buruh di daerah Tangerang. Mereka di PHK dengan berbagai alasan, terutama masalah aturan perusahaan.

Ketua DPC FSB Garteks KSBSI Tangerang Raya, Tri Pamungkas mengatakan telah menampung berbagai keluhan buruh yang masih aktif maupun korban PHK.

Hal itu disampaikan kepada sukarelawan GBB untuk di diskusikan dan di carikan solusi bersama demi kebaikan mereka.

"Harapan kami pada saat kami masuk ke jaringan GBB, nanti tim GBB akan memberikan solusi kedepan, bagaimana mengurangi beban anggota kami yang terdampak PHK," tutur Tri Pamungkas.

Ketua Umum Ganjaran Buruh Berjuang (GBB), Lukman Hakim menyatakan telah menerima aspirasi dari para buruh korban PHK se-Jabodetabek, yang berasal dari belasan perusahaan.

Aspirasi dari para buruh akan dikemas dalam karya ilmiah oleh GBB.

Lukman mengatakan sudah mempersiapkan sejumlah program pelatihan untuk para korban PHK, seperti keterampilan untuk meningkatkan skill, UMKM hingga memberikan pekerjaan melalui jaringan GBB di sejumlah perusahaan.

"Kami bisa menyusun program terutama pemberdayaan ekonomi terkait dengan entrepreneurship, dan jika ada lowongan pekerjaan, kami bisa informasikan ke mereka," tegas Lukman.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina GBB, Ferry Indrianto menyatakan GBB sebagai episentrum relawan dan pemenangan buruh untuk Ganjar Pranowo akan terus menggalang dukungan di tingkat akar rumput, baik di perusahaan maupun ke permukiman buruh.

GBB mengajak semua pihak terutama buruh atau korban PHK untuk tidak sungkan menyampaikan aspirasinya kepada GBB, baik hadir ke kantor DPP GBB secara langsung, atau pun melalui media sosial GBB. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjaran Buruh Perjuang Temui Presiden KSBSI Untuk Serap Masukan


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler