Bantu Pemudik, Disiapkan Angkutan Malam Hari

Kamis, 23 Agustus 2012 – 19:57 WIB
JAKARTA - Tim gabungan dari berbagai unsur terus memantau arus balik pemudik lebaran tahun 2012 di Terminal Kampung Rambutan. Pemantauan dilakukan oleh gabungan personil dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Polantas dan Satpol PP.

Kasudin Dishub Jaktim, Mirza Aryadi mengatakan, beberapa pos mudik lebaran di Terminal Pulo Gadung masih beroperasi hingga saat ini. Menurut Mirza, tidak ada temuan pelanggaran dalam posko-posko tersebut.

"Kalau untuk posko, kita tempatkan posko uji kendaraan, tes urin, kesehatan. Itu sampai sekarang masih beroperasi," ujar Mirza kepada wartawan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Kamis (23/8).

Mirza menjelaskan, pemeriksaan terhadap kendaraan maupun penumpang di Kampung Rambutan menujukan hasil yang baik. Tim pemantau belum menemukan adanya pelanggaran seperti pemakaian obat-obatan terlarang oleh supir.

Sementara itu untuk menghadapi arus balik,  Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyediakan angkutan bagi pemudik yang tiba di terminal pada malam hari. Mirza memastikan, penumpang yang tiba di terminal pada malam hari tidak perlu bermalam dengan dalih tidak adanya angkutan umum.

"Untuk amari (angkutan malam hari) ini sudah disiapkan. Itu bus yang jam 11-12 malam seharusnya sudah kembali ke pool, kita perintahkan untuk antar," ujar Mirza.

"Tapi tidak sampai tujuan, misalnya sampai di Cawang. Habis itu dia nyambung lagi," sambungnya.

Kamis (23/8), lonjakan arus balik mulai terasa di Terminal Kampung Rambutan. Hingga Kamis siang, ada 213 bus yang membawa 9701 ke Terminal Kampung Rambutan.

Jumlah ini diperkirakan akan meningkat dalam tiga hari kedepan. Pasalnya, diperkirakan puncak arus balik baru akan terjadi pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2012 atau H+5 dan H+6 lebaran. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengumpulan Zakat Kota Bogor Naik 20 Persen

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler