Banyak Ibadah, Resep Wanita 108 Tahun

Selasa, 02 Oktober 2012 – 07:07 WIB
BOONTON - Ann Osterhoudt diberi jatah umur lebih banyak dibanding manusia pada umumnya. Wanita asal Boonton, New Jersey itu kini berumur 108 tahun. Resep umur panjang wanita kelahiran 1904 ternyata sangat sederhana: banyak ibadah.

Jumat (28/9) pekan lalu, Osterhoudt tercatat sebagai manusia tertua di New Jersey. Gelar tersebut didapat setelah Melva Mae Cadmus Radcliffe, asal Paterson, meninggal awal September lalu dalam usia 111 tahun.

Perayaan ulang tahun Osterhoudt dirayakan secara sederhana bersama anak, cucu, dan cicitnya. Maklum, Osterhoudt tergolong orang rumahan dan memang sejak muda tak pernah pindah dari Boonton.

Situs berita upi yang mengutip harian setempat, The Star Ledger, menyebut Osterhoudt tak punya resep khusus agar berumur panjang. Dia juga tak berpantang pada jenis makanan tertentu yang selama ini kerap dituding kalangan medis memicu penyakit mematikan.

Selain karena memiliki gen umur panjang, menurut putrinya, Onnolee Allieri dan Donna Bodino, sang ibu tergolong orang yang rajin beribadah. Saban hari, jemari Osterhoudt tak pernah lepas dari rosario.

Walau disukuri bisa berumur panjang, kedua anak Osterhoudt mengaku pasrah jika suatu saat ibunya meninggal. "Kami tidak berpikir ibu akan terus bersama kami dalam waktu yang lama. Dia menjadi anugerah dalam kehidupan saya," ungkap Onnolee. (pra/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Kenakan Gaun Rancangan Sendiri

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler