Banyak Sarana Prasarana yang Belum Memadai Dijadikan Tempat Belajar

Sabtu, 13 Agustus 2016 – 13:00 WIB
Ilustrasi. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pendidikan sangat penting diterapkan. Untuk menunjang kebutuhan anak sekolah perlu ada perbaikan yang dilakukan. Misalnya, pemenuhan sarana dan prasarana, serta guru yang berkualitas.

Direktorat Pendidikan Bappenas Amich Alhumami mengatakan, ‎pemenuhan sarana dan prasarana seperti ruang kelas, lab, dan perpus, menjadi hal yang paling dasar. Dengan begitu, anak-anak bisa belajar dengan baik di sekolah.

BACA JUGA: KPAI Dukung Penguatan Pendidikan Karakter Siswa

Amich menuturkan, Kemendikbud sudah mencoba mengidentifikasi mengenai permasalahan terkait pendidikan. Salah satunya ‎adalah persoalan sekolah yang rusak, baik itu parah atau sedang.

Upaya perbaikan terhadap sekolah yang rusak sudah dilakukan. Namun, seiring bergantinya tahun, sekolah-sekolah itu mengalami kerusakan.

BACA JUGA: Pemerintah Harus Segera Ambil Langkah soal Kekerasan pada Guru

"‎Cukup banyak sarana prasarana yang masih belum memadai dan layak untuk dijadikan tempat belajar bagi murid-murid," kata Amich dalam diskusi 'Duh, Pendidikan Tak Pernah Sepi Persoalan'‎ di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (13/8).

Selain itu, Amich menambahkan, perlu ada peningkatan terhadap kualitas guru. Ini bisa dilakukan dengan cara mendidik calon guru dengan baik.

BACA JUGA: 37 Ribu Lulusan SD/MI Belum Mendapat Ijazah

"Kita harus melahirkan calon guru yang memenuhi kualifikasi sebagai pendidik. Calon guru yang masuk ke LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) itu mesti calon guru terbaik,"‎ ungkap Amich. (gil/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... FDS, Hambar Guru Cari Penghasilan Tambahan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler