Barca Jangan Sombong Dulu

Rabu, 01 Februari 2012 – 09:36 WIB
Foto: APPhoto

VALENCIA - Sukses menyingkirkan Real Madrid di perempat final membuat Barcelona dianggap bakal dengan mudah memenangi Copa del Rey musim ini.
Benarkah? Belum tentu. Itu mengingat Barca- sebutan Barcelona- menghadapi lawan yang relatif kuat, Valencia, di semifinal.

Leg pertama dihelat di kandang Valencia, Mestalla, dini hari nanti (siaran langsung TV One pukul 04.00 WIB). Bagi Valencia, bertanding di kandang sendiri merupakan kesempatan mendapatkan modal bagus karena leg kedua di Nou Camp (8/2) bakal sulit.

Hal itu diungkapkan entrenador Valencia Unai Emery. "Kami harus bermain lebih menekan dan lebih agresif. Kami juga berharap bisa mencetak gol," ungkapnya di situs resmi klub.

Emery mengatakan demikian karena mengacu pertemuan kedua tim sebelumnya di Mestalla musim ini (21/9/2011). Dalam bentrok di Liga Primera kala itu, Valencia dan Barca bermain seri 2-2. Tapi, versi Emery, Valencia seharusnya layak menang setelah selalu mencetak gol lebih dulu sebelum dibalas lawannya.

"Kami membuat mereka kesulitan mendapatkan bola dan tidak memberikan ruang gerak bebas di area pertahanan kami. Jika kami mampu mengulangnya, kami bisa meraih hasil positif," jelasnya.

Bentrok Valencia versus Barca di semifinal Copa del Rey pernah terjadi pada 2008. Hasilnya, Valencia yang kala itu ditangani Ronald Koeman berhasil menyisihkan Barca dengan agregat 4-3. Los Che ?-sebutan Valencia-- akhirnya bablas menjadi juara dengan mengalahkan Getafe 3-1 di final.

Hanya, setelah itu atau sejak ditangani Emery, Valencia tidak pernah bisa mengalahkan Barca dalam tujuh kali kesempatan. "Barcelona memang lebih favorit. Tapi, ada dua leg yang dimainkan dan kami yakin bisa mengubah prediksi orang-orang. Kami tidak takut dengan mereka," ucap defender internasional Prancis itu.

Sementara itu, kubu Barca terkesan menutup diri menyongsong bentrok kontra Valencia. Entrenador Barca Josep Guardiola pun cukup serius mempersiapkan tim. Begitu seriusnya, Guardiola meminta bek kanan Dani Alves tidak berlama-lama menghadiri acara peluncuran video game terbaru Xbox 360 di Sirkuit Catalunya kemarin WIB.

Padahal, acara tersebut masih 2 x24 jam sebelum laga di Mestalla. "Pelatih (Guardiola) hanya ingin para pemain lebih fokus dalam pertandingan melawan Valencia," kata juru bicara di situs resmi klub.

Barca akan melawat ke Mestalla masih tanpa Andres Iniesta yang mengalami cedera robek otot paha saat menghadapi Real di leg kedua perempat final Copa del Rey (25/1). Sedangkan Gerard Pique yang bermasalah dengan lutut saat menghadapi Villarreal sehingga harus ditarik keluar di awal babak kedua, telah berlatih normal dan diharapkan fit.  (dns/ko)

Perkiraan Pemain

Valencia (4-2-3-1) : 1-Alves (g); 12-Barragan, 4-Rami, 18-Ruiz, 17-Alba; 6-Albelda?, 24-Tino Costa; 8-Feghouli, 7-Jonas, 22-Mathieu; 9-Soldado
Pelatih : Unai Emery

Barcelona (4-3-3) : 13-Pinto (g); 2-Alves, 3-Pique, 5-Puyol?, 22-Abidal; 6-Xavi, 16-Busquets, 4-Fabregas; 9-Alexis, 10-Messi, 21-Adriano
Pelatih : Josep Guardiola

Stadion : Mestalla
Wasit : Jose Luis Gonzales

Bursa Asian Handicap
Valencia v Barcelona    1 : 0
BACA ARTIKEL LAINNYA... Awas!, Overconfident


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler