Barca Menang Telak Tanpa Dominasi

Senin, 23 September 2013 – 06:00 WIB

MADRID - Pelatih Barcelona Gerardo Martino masih menikmati momen manis di awal musim 2013-2014. Pelatih asal Argentina itu belum terkalahkan dalam delapan laga yang sudah dilaluinya di berbagai ajang. Termasuk rekor sempurna alias selalu menang di lima laga Primera Division.
    
Poin absolut kembali dipetik Blaugrana-julukan Barcelona saat menundukkan tuan rumah Rayo Vallecano dengan 4-0, kemarin (22/9) WIB. Pedro Rodriguez tampil brilian dengan mencetak hat-trick. Penjaga gawang Victor Valdes juga tampil luar biasa untuk meraih clean sheet ketiga di Primera Division musim ini.
    
Kemenangan itu membuat Barca tetap berada di puncak. Mereka bersaing ketat dengan Atletico Madrid yang juga meraih hasil sempurna di lima laga awal Primera Division. Kemarin, Atletico merih kemenangan 2-0 di kandang Valladolid.
    
Pedro menciptakan gol-golnya pada menit ke-32, 47 dan 72. Satu gol lain disumbangkan Cesc Fabregas pada menit ke-79.
    
"Vallecano adalah salah satu tim paling tak kenal menyerah di sepak bola Spanyol. Meski kekuatannya tak besar, mereka memiliki strategi yang yang sulit bagi siapa saja," kata Tata, sapaan akrab Martino pada Football Espana.
    
Yang menarik, meski menang meyakinkan Barcelona ternyata kalah dalam penguasaan bola. AS mencatat kalau ball possession Lionel Messi dkk 49 persen, sementara tuan rumah memiliki 51 persen. Beberapa media lain malah mencatat 45-55 untuk tuan rumah.
    
Sebelum gol pertama, Barca menghadapi tekanan hebat dari Vallecano. Dua kali penyelematan dilakukan Valdes. Gol pertama tetap tak mampu melepaskan Barca dari tekanan. Bahkan, pada menit ke-35 Vallecano mendapatkan hadiah penalti. Lagi-lagi Valdes tampil sebagai penyelamat untuk mementahkan eksekusi Roberto Trashorras.
    
Total, Valdes melakukan sembilan kali penyelamatan di laga tersebut. Termasuk juga dua penyelamatan di sepuluh menit terakhir pertandingan.
    
"Saya tak perlu mengatakan bahwa Victor kiper terbaik di Spanyol. Dia sedang berada di performa luar biasa. Yang bisa saya lakukan sebagai pelatih adalah menikmati penampilannya," beber Tata.
    
Penampilan gemilang Valdes tersebut jelas menutupi kekurangan Barca dalam hal penguasaan bola, satu hal yang nyaris tak pernah dialami Barca dalam beberapa tahun terakhir.
    
Media-media di Spanyol menyebutkan laga kemarin adalah kali pertama dalam lima tahun terakhir Barca kalah ball possession dari lawannya di pertandingan resmi. Kali terakhir itu terjadi adalah pada 7 Mei 2008, saat Barca menghadapi Real Madrid di laga El Clasico yang berlangsung di Santiago Bernabeu. Ketika itu, Barca yang masih dilatih Frank Rijkaard, kalah 1-4 dari Real Madrid. Penguasaan bola Real saat itu adalah 50,3 persen, berbanding 49,7 persen yang dimiliki Barca.
    
Setelah laga tersebut, Barca tak pernah lagi kalah dalam penguasaan bola atas lawan-lawannya di laga resmi. Total, hingga sebelum laga kontra Vallecano, Barca melewati 316 laga dengan selalu unggul ball possession.
    
"Saya tak bisa menyalahkan pemain. Kami membayar kesalahan kami dengan buruk. Tapi, secara umum saya puas dengan penampilan kami," tutur pelatih Vallecano, Paco Jemez. (ady)

BACA JUGA: Bulutangkis Juga Kena Revisi Jadwal

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ilham Terbebani, tapi Tetap Percaya Diri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler