Barcelona Berencana Tampil di Indonesia

Kamis, 22 Maret 2012 – 07:16 WIB

JAKARTA - Kabar baik bagi penggemar sepakbola tanah air. Klub terbaik dunia saat ini, FC Barcelona, berencana untuk datang dan bermain di Indonesia. Hal itu diungkapkan dikatakan Laurent Colette, Chief Marketing Officer FC Barcelona, disela peletakan batu pertama pembangunan Akademi Sepak Bola FC Barcelona, FCBEscola Indonesia, di kawasan Sentul, Jawa Barat, Rabu (21/3).
    
"Bagi FC Barcelona, Indonesia adalah prioritas. Disini memiliki basis penggemar lebih besar daripada Spanyol. Saya berjanji bahwa Barcelona akan membawa pemain terbaiknya, seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez, untuk bermain di Jakarta," kata Colette kepada wartawan. Laurent Colette mengakui tidak mudah untuk memasukkan Indonesia dalam kalender (tur) Barcelona. "Tapi, saya akan berjuang keras untuk mewujudkan itu," lanjutnya.
   
Menurut data yang dimiliki klub yang saat ini dilatih Pep Guardiola itu,  Indonesia adalah basis penggemar terbesar di laman Facebook FC Barcelona, dengan 2,5 juta penggemar. Di urutan kedua adalah Meksiko dengan 1,4 juta orang.
   
Peletakan batu pertama FCBEscola sendiri menjadi langkah lanjutan dari kerja sama antara Barcelona dan kelompok pengusaha Indonesia yang tergabung dalam Excellion Analytics. Terkait akademi tersebut, Colette mengatakan bahwa dirinya yakin Indonesia memiliki talenta-talenta yang tak kalah hebat dibanding Brazil dan Afrika Selatan.
   
"Jadi bukan sesuatu yang tidak mungkin kita bisa mendapatkan Lionel Messi dari Indonesia ke depan. Dengan proyek ini, kami ingin menyebarkan nilai-nilai yang dimiliki akademi Barcelona di La Masia, dan melatih mereka dengan cara FC Barcelona," beber Colette.  FCBEscola Indonesia menjadi istimewa karena ini adalah akademi pertama di luar Spanyol yang bersifat full-resident.
    
Pembangunan akademi FCBEscola Indonesia diklaim bakal lebih baik daripada La Masia, pusat pelatihan akademi FC Barcelona di tanah Spanyol. Akademi ini dibangun di atas tanah seluas 15 hektar. Dalam tahap awal akan dibangun lima lapangan latihan yang terdiri dari satu lapangan rumput natural dan empat lapangan rumput sintetis. Selain itu, akademi ini juga akan dilengkapi dengan asrama, gymnasium, kafetaria, serta kantor.
    
"Fasilitas ini akan dibangun sama seperti milik Barcelona. Bahkan, kami akan membangun yang lebih baik. La Masia adalah akademi terbaik di dunia. Kami menirunya dan belajar dari kesalahan mereka untuk membangun fasilitas yang lebih baik," ucap salah satu anggota konsorsium Excellion Analytics, Arif Putra Wicaksono.
   
Arif mengungkapkan, pihaknya berharap pembangunan tahap pertama ini bisa selesai dalam waktu enam bulan, sehingga semua akan bisa digunakan pada saat tahun pelajaran dimulai pada September mendatang. Sebagai tahap awal, FCBEscola Indonesia berencana menerima 250 siswa, dengan 10 persen di antaranya akan diperuntukkan untuk anak-anak dari golongan tidak mampu yang memiliki bakat besar dalam mengolah bola. (ali/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Termotivasi Raih Emas Olimpiade


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler