Barcelona Terancam Tak Terkejar

Minggu, 16 Desember 2012 – 05:05 WIB
Lionel Messi. Foto: Getty Images
BARCELONA - Jika Real Madrid saja tak kuasa membendung laju Barcelona di Primera Division musim ini, bisa apa Atletico Madrid? Ya, pertanyaan itu merupakan sindiran, tapi bisa juga tantangan bagi Atletico saat menghadapi Barca " sebutan Barcelona - di Nou Camp dini hari nanti (siaran langsung Trans TV kickoff 03.00 WIB).

Atletico memang menjadi tumpuan untuk membuat Primera Division musim ini tidak hanya milik Barca. Itu karena Atletico merupakan tim yang memiliki gap paling dekat dengan Barca. Keduanya dipisahkan enam poin (37-43) hingga jornada ke-15. Bandingkan dengan Real yang sudah tertinggal 11 poin.

Alhasil, apabila Atletico mampu membuat kejutan dengan meraih kemenangan atau setidaknya bermain seri, laju Barca bisa sedikit direm. Tapi, sebaliknya, kekalahan akan membuat Barca semakin tak terkejar dengan keunggulan sembilan poin.

Ingat, gap paling besar yang bisa disalip menjadi juara dalam sejarah Primera Division adalah delapan poin. Itu terjadi pada musim 2003-2004 atau ketika Valencia di era kepelatihan Rafael Benitez menyalip Real asuhan Carlos Queiroz.

Catatan belum terkalahkan Barca seharusnya memotivasi Atletico. Hal itu diakui pula oleh Gabriel Fernandez atau yang akrab disapa Gabi, kapten Atletico. "Sejak kekalahan 0-2 di Santiago Bernabeu (dari Real Madrid, 2/12, Red), ketika kami tidak bermain dengan cara yang kami miliki, pelatih (Diego Simeone) mengatakan apabila kami memiliki utang kepada diri sendiri untuk membayarnya di Nou Camp," ungkapnya kepada AS.

 Efek kekalahan dari Real sebenarnya sudah direaksi positif Gabi cs dengan melumat Deportivo La Coruna enam gol tanpa balas pekan lalu (9/12). Bomber Atletico Radamel Falcao menyumbang lima gol di antaranya. Tapi, jelas sulit bagi Falcao melakukan hal serupa ke gawang Barca.

 Falcao bahkan disibukkan memulihkan gangguan otot. Gara-gara cedera itu, Tigre alias si Harimau " julukan Falcao " gagal menambah koleksinya karena harus absen saat Atletico menang 3-0 atas Getafe di leg pertama 16 besar Copa del Rey (12/12).

 Itu sangat berbeda dengan rivalnya dari Barca, Lionel Messi. Si Kutu " julukan Messi " tetap turun saat Barca menang 2-0 atas Cordoba di ajang dan hari yang sama. Messi bahkan yang memborong dua gol timnya sehingga koleksi golnya sepanjang 2012 menjadi 88 gol.

"Kita selalu berdebat mengenai cara menghentikan Messi selama 10 tahun terakhir. Itu jelas sulit karena dia adalah pemain paling bertalenta di muka bumi ini. Jika bola sudah berada dalam penguasaaannya, dia nyaris tak terhentikan," tutur Gabi.
 
Sementara dari kubu Barca, entrenador Tito Vilanova mengingatkan anak asuhnya apabila Atletico bukan hanya Falcao. "Sama halnya Barca yang tidak hanya memiliki Messi," tandasnya kepada Marca.(dns/ttg)

Perkiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): 1-Valdes (g); 19-Montoya, 3-Pique, 5-Puyol", 18-Alba; 6-Xavi, 16-Busquets, 8-Iniesta; 17-Pedro, 10-Messi, 7-Villa
Pelatih: Tito Vilanova

Atl. Madrid (4-2-3-1): 13-Courtois (g); 20-Juanfran, 23-Miranda, 2-Godin, 3-Filipe; 14-Gabi", 4-Suarez; 6-Koke, 10-Arda Turan, 19-Costa; 9-Falcao
Pelatih: Diego Simeone

Stadion: Nou Camp, Barcelona
Wasit: Miguel Perez
BACA ARTIKEL LAINNYA... Rafa Ingin Samai Rekor Pep Guardiola

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler