Base Jam Rangkum Perjalanan Lewat Mini Album 3[6]0

Minggu, 28 Januari 2024 – 19:29 WIB
Base Jam meluncurkan mini album 3[6]0 di Erwin Gutawa Music Center, Jakarta Selatan, Minggu (28/1). Foto: Dedi Yondra / JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Grup musik, Base Jam resmi meluncurkan mini album terbaru yang berjudul 3[6]0 (Tiga Enam Puluh).

Selain sebagai pembuka 2024, mini album ke-8 tersebut sekaligus perayaan 30 tahun Base Jam meramaikan industri musik Indonesia.

BACA JUGA: Base Jam Bakal Ramaikan Synchronize Fest 2017 di Jakarta

Band beranggotakan Sigit (vokal), Alvin (vokal), Oni (gitar), Aris (gitar), Sita (bass) dan Alsa (drum) itu punya cerita menarik di balik pembuatan album 3[6]0.

"Ketika kami berdiskusi memikirkan apa judul album ini, kami sudah tahu akan menjadi sebuah cerita. Tetapi ketika ide angka 360 dan kemudian penulisan 3[6]0 yang menegaskan mengenai angka 30 dan 6, terasa sangat cocok dan mewakili pesan, perasaan dan kondisi kami saat ini," kata Alsa Base Jam di Erwin Gutawa Music Center, Jakarta Selatan, Minggu (28/1).

BACA JUGA: Sigit Wardana Perkenalkan Single dan Mini Album November

Base Jam menyatakan mini album 3[6]0 adalah bentuk sebuah siklus.

Melalui k5 lagu yang terdapat dalam album, Base Jam menceritakan jalan cerita tentang siklus hati dan berbagai tahapan dalam perjalanannya.

BACA JUGA: Hammersonic 2024 Umumkan Daftar Penampil, Lamb of God Hingga Converge Siap Beraksi

Semua perjalanan tersebut terangkai menjadi 1 lingkaran atau siklus perjalanan hati. Ada patah hati, ketenangan, mencari keyakinan dalam diri, terus berjalan menuju masa depan yang penuh dengan janii akan cinta sejati.

"Waktu bikin lagu, enggak ada temanya, pas jadi ternyata punya ciri khas, kami memang pengin bikin lagu baru, ternyata ada yang menyambung jadi cerita," beber Sita Base Jam.

Dalam rangkaian 3[6]0, terdapat angka 30 yang menunjukkan usia Base Jam di saat ini yang ke-30. Segala pengalaman pahit manis selama ini membawa Base Jam pada momen yang sekarang.

"Tahun lalu ketika kami menginjak usia 29, terasa luar biasa dan tidak percaya. Sekarang, bisa di usia ke-30 dan bisa merilis sebuah mini album, itu menjadi kebanggaan dan kebahagiaan baru lagi buat kami," jelas Sigit Base Jam.

"Kami berkarya. Masing-masing dari personil menyumbangkan lagunya, dan hasil dari proses seleksi, jadilah 5 lagu ini. Dan ternyata, setelah dilihat benang merah liriknya, memang ada semacam cerita di dalamnya," tambah Oni Base Jam.

Personel Base Jam menilai album 3[6]0 punya cerita yang ternyata menggambarkan perasaan atau perjalanan perasaan, hati, ketika menjalani dan merasakan cinta.

Hal tersebut memang seperti disengaja, tetapi awalnya berjalan secara natural.

"Masa sekarang banyak musisi rilis single, kami rasa 5 lagu sudah banyak," ujar Alvin Base Jam.

Sebagai band yang pernah hadir dalam era album fisik kaset atau CD, Base Jam ingin menghadirkan kembali sensasi mendengarkan lagu secara berurutan.

Tujuannya yakni untuk mendapatkan experience yang utuh mengenai cerita yang ingin disampaikan, tanpa shuffle ataupun hanya mendengarkan per lagu.

Lima lagu yang terdapat di dalam album 3[6]0 ini sebaiknya didengarkan secara berurutan karena cerita dan mood lagu yang disampaikan hadir sebagai sebuah siklus perjalanan hati.

Cerita diawali oleh Kisah Baru, Mantra Tenang, Keyakinan Hati, Move On, dan Cinta Sejati.

Kisah Baru bercerita mengenai seseorang yang memberi dukungan kepada temannya untuk segera meninggalkan hubungan yang toxic.

Mantra Tenang memberikan pesan yang jelas bahwa ketenangan itu penting. Ketenangan itu perlu, terutama ketika bertemu dengan situasi yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Keyakinan Hati, satu-satunya lagu yang memiliki tempo nge-beat dengan pesan lirik berisi kekuatan hati, keyakinan hati dan tekad yang bulat untuk terus melewati pahit manisnya hidup dan menghadapi semua cobaan.

Move On bercerita ketika seseorang sudah menerima sekaligus melepaskan masa lalu, itu tanda bahwa orang tersebut sudah bisa move on.

Cinta Sejati berkisah tentang cinta yang tak lekang oleh waktu, yang kuat menghadapi cobaan dan cinta yang memegang teguh segala janji.

Proses pembuatan mini-album 3[6]0 dibantu oleh Lawdenk sebagai music producer dan Bakhesty Irigisa sebagai vocal director.

"Kami rasa sinergi kerja sama cukup positif dan bisa dirasakan di setiap lagu”, imbuh Aris Base Jam.

Album terbaru Base Jam bertajuk 3[6]0 sudah dapat dinikmati di semua platform musik digital serta YouTube.

 (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler