Basmi Kutu Rambut dengan Campuran Alkohol

Minggu, 02 September 2018 – 16:08 WIB
Ilustrasi rambut gatal.

jpnn.com - Kutu rambut memang terasa menjengkelkan. Selain menimbulkan rasa gatal, juga mengganggu penampilan saat menggaruknya. 

Biasanya, kutu rambut menyerang anak-anak usia sekolah dan cepat menular dari satu kepala ke kepala yang lain.

BACA JUGA: 5 Langkah Mudah Menghilangkan Kutu Rambut

Dilansir dari Boldsky, untuk menghindari penularan parasit kecil ini, Anda sebaiknya menghindari berbagi ikat kepala, sisir, handuk, pakaian, topi atau headphone yang berpotensi menjadi media perantara. Biasanya kutu dapat dengan mudah dilihat dengan mata telanjang.

Banyak pengobatan alami yang bisa digunakan untuk mengusir kutu rambut diantaranya penggunaan beberapa minyak alami seperti minyak adas manis, minyak pohon teh, minyak lavender, minyak cengkeh. Namun yang terbaru, Anda bisa juga menggunakan campuran bahan tertentu dengan alkohol.

Alkohol memiliki 70 persen larutan seperti isopropil yang dapat digunakan sebagai desinfektan untuk mengobati kutu rambut. Alkohol jenis ini berfungsi cukup kuat untuk membunuh kutu. Alkohol ini secara efektif dapat melarutkan tekstur seperti permen yang membuat nits menempel pada batang rambut. Ini mencegah kutu kepala menghisap darah.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan, di antaranya:

1. Alkohol Gosok

Siapkan baskom dan tuangkan alkohol ke dalamnya. Pijat alkohol menggunakan jari-jari Anda menyebar ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama beberapa saat.

Gosokkan beberapa kondisioner ke kulit kepala Anda. Sapu rambut Anda dengan menggunakan sisir kutu dan cuci rambut mu.

Ulangi proses ini seminggu sekali selama beberapa bulan. Anda dapat menggunakan sisir yang dicelupkan ke dalam alkohol untuk menyingkirkan kutu.

2. Alkohol Dengan Minyak Lavender

Kutu kepala akan membenci bau minyak lavender, yang merupakan pengusir serangga alami. Gunakan botol semprot yang cukup isopropil alkohol ditambahkan bersama dengan beberapa tetes minyak lavender. Semprotkan ke kulit kepala dan rambut Anda. Saat basah, sisir rambut Anda. Cuci menggunakan sampo dan air biasa. Ulangi proses ini setiap tiga hari sekali.

Namun perlu hati-hati saat menggunakan alkohol di kulit kepala Anda. Terlalu banyak dapat menyebabkan sensasi terbakar di kulit kepala. Ingat bahwa alkohol itu mudah terbakar. Jadi, jika alkohol telah digunakan untuk mengobati kutu, maka jangan gunakan pengering rambut atau pengeriting rambut ketika rambut masih basah. (fid/JPC)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler