Bawa Perdamaian, JK Terima Gelar Doktor Honoris Causa di Aceh

Sabtu, 14 November 2015 – 20:28 WIB
Jusuf Kalla menerima penghargaan dari Universitas Syiah Kuala Aceh. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

jpnn.com - ACEH - Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima gelar penghormatan Doktor Honoris Causa dari Universitas Syiah Kuala Aceh, Sabtu (14/11). Pria yang akrab disapa JK itu menerima gelar tersebut dalam bidang perdamaian dan kemanusiaan.

Menurut Rektor Unsyiah Samsul Rizal, peran Jusuf Kalla dalam mengatasi dampak bencana tsunami, yang melanda Aceh pada 2004, serta perundingan perdamaian melalui Perjanjian Helsinki pada 2006 menjadi dasar bagi Senat Unsyiah untuk memberikan gelar itu untuk JK.

BACA JUGA: Aduh...28.831 Anak TKI di Malaysia Tidak Bersekolah

"Pak Jusuf Kalla menjadi salah satu sosok yang ikut memprakarsai lahirnya MoU Helsinki.  Komitmen teguh beliau untuk terciptanya kedamaian di negeri Serambi Mekkah ini terlihat melalui dukungan moral dan spiritual," kata rektor dari universitas tertua di Aceh tersebut.

Menurut Samsul, wapres adalah orang ketiga yang mendapat gelar itu. Sebelumnya, universitas yang telah berdiri 54 tahun lalu itu memberikan gelar pada mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad dan yang ke dua untuk mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

BACA JUGA: Jangan Malu Punya Nama Asep

"Ini adalah saat yang tepat untuk mewujudkan keinginan kami, bertepatan dengan peringatan 10 tahun penandatanganan kesepakatan damai, MoU Helsinki," imbuhnya. 

Sementara itu, JK yang menerima gelar itu mengaku sangat bangga pada kemajuan masyarakat Aceh setelah 10 tahun terakhir mencapai kesepakatan Helsinki. 

BACA JUGA: Rusdi Kirana Minta Menteri Jonan Ralat Omongan

"Dengan segala kerendahan hati, izinkan saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan Universitas Syiah Kuala Aceh. Sebelum konflik memuncak, Aceh adalah provinsi yang tingkat kemiskinannya terendah ke-4 di Indonesia.  Kini, kemajuan telah banyak tercapai setelah proses perdamaian terwujud," ujar JK. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Ciri-ciri Pemda yang Baik di Mata Menteri Yuddy


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler