Bawaslu Lantik 72 Anggota Bawaslu Provinsi

Jumat, 21 September 2012 – 19:37 WIB
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI melantik anggota Bawaslu untuk ke-24 provinsi, Jumat (21/9). Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu RI, Muhammad.

Pengambilan sumpah jabatan anggota Bawaslu Provinsi dilaksanakan di Puri Agung, Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Jumat (21/09). Selanjutnya 72 anggota yang terpilih akan menjalani pelatihan selama tiga hari sebelum resmi bertugas mengawasi tahapan pemilu 2014.

Para anggota Bawaslu Provinsi terpilih juga diharapkan segera membentuk struktur Bawaslu di tingkat kabupaten dan kota. Struktur Bawaslu hingga ke tingkat daerah diharapkan bisa membuat kinerja pengwasan pemilu semakin baik.

"Jadi setiap daerah dan kabupaten ada tenaga yang jadi perpanjangan Bawaslu. Kita harapkan tidak ada satu pun daerah yang tidak terawasi dengan adanya kerjasama ini," ujar Muhammad.

Muhammad menambahkan, saat ini masih ada 7 provinsi yang belum memiliki Bawaslu. Provinsi yang dimaksud adalah Bali, Sumut, kalbar, Jabar, Sulteng, Sulsel dan Papua. Bawaslu di tujuh provinsi tersebut belum bisa dibentuk karena saat ini sedang berlangsung tahapan pilkada.

"Ini masih Panwaslu pilkada yang bekerja karena peraturan Bawaslu menegaskan tidak boleh ada dua pengawas di satu provinsi," jelasnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua KPU RI Husni Kamil menyambut baik terbentuknya Bawaslu Provinsi. Ia berharap Bawaslu Provinsi dapat menunjang kinerja KPU di tingkat provinsi.

"Yang membuat kita sangat gembira karena di tataran operasional, KPU akan dibantu oleh keberadaan Bawaslu," ucap Husni kepada wartawan usai acara pelantikan. (dil/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Incumbent Kalah, Lurah-Camat Terancam Mutasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler