Bea Cukai Gerilya Monitoring HTP Produk Hasil Tembakau di Malang dan Pontianak

Selasa, 17 September 2024 – 21:20 WIB
Petugas Bea Cukai bergerilya ke sejumlah kecamatan di Malang dan Pontianak untuk melaksanakan monitoring HTP produk hasil tembakau. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, MALANG -  Bea Cukai Malang dan Bea Cukai Pontianak melaksanakan monitoring harga transaksi pasar (HTP) produk hasil tembakau triwulan III 2024.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Budi Prasetiyo mengatakan kegiatan tersebut bertujuan memantau perkembangan HTP produk hasil tembakau yang dijual di area-area target.

BACA JUGA: Jamin Transparansi dalam Penindakan, Ini yang Dilakukan Bea Cukai Malang

Dalam pelaksanaannya, petugas Bea Cukai mengambil dan memeriksa beberapa rokok dari berbagai merek yang tersedia di etalase toko.

Petugas juga akan membandingkan harga jual eceran yang terdapat di pita cukai hasil tembakau dengan harga yang ditetapkan oleh penjual.

BACA JUGA: Bea Cukai Pantau Pengusaha Barang Kena Cukai di Dua Wilayah Ini

"Selain dari harga, petugas juga mencatat jenis, isi, nama merek, dan perusahaan yang memproduksinya," kata Budi Prasetiyo.

Dalam kegiatan tersebut, petugas juga menyosialisasikan ciri-ciri rokok ilegal dan mengimbau para pedagang tidak menerima tawaran untuk menjual rokok ilegal.

BACA JUGA: 1 Jam Setelah Paparan, Produsen Strip Steel Ini Dapat Izin Kawasan Berikat dari Bea Cukai

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan persaingan dagang yang sehat serta dapat mengedukasi masyarakat terkait dengan ciri-ciri dan bahaya rokok ilegal," ujar Budi.

Di Malang, Bea Cukai melaksanakan monitoring HTP pada 3-4 September 2024 lalu.

Petugas Bea Cukai Malang bergerilya di empat kecamatan di wilayah Malang Raya, yaitu Sumbermanjing Wetan, Gondanglegi, Pujon, dan Kedungkandang.

Sementara itu, Bea Cukai Pontianak melaksanakan monitoring HTP produk hasil tembakau di Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kecamatan Ambawang dan Terentang, serta Kabupaten Kubu Raya pada 3-6 September 2024. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler