Bea Cukai Magelang Kawal Ekspor Garmen Asal Temanggung ke Negeri Paman Sam

Jumat, 14 Juli 2023 – 21:32 WIB
Petugas Bea Cukai Magelang saat melakukan asistensi dalam mendukung pelaksanaan ekspor asal Kabupaten Temanggung. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, TEMANGGUNG - Bea Cukai Magelang mengawal ekspor garmen yang diproduksi perusahaan asal Kabupaten Temanggung ke Amerika Serikat.

Sebagai informasi, PT YB Apparel Jaya, perusahaan yang berlokasi di Temanggung pada Kamis (13/7) memberangkatkan dua kontainer berisikan 1.480 karton produk garmen ke negeri Paman Sam tersebut.

BACA JUGA: Bea Cukai Bersinergi dengan Kedutaan Kastam Malaysia untuk Tingkatkan Pengawasan

Nilai eksportasi ini mencapai USD 119.568 atau sekitar Rp 1,8 miliar.

Bea Cukai sebagai instansi yang memiliki tugas dan fungsi sebagai industrial assistance dan trade facilitator memegang peranan penting dalam pelayanan dan pengawasan barang ekspor.

BACA JUGA: Ini yang Dilakukan Bea Cukai untuk Memperkuat Penerapan NLE di Bandara Ngurah Rai

"Dalam rangka mengembangkan sektor industri dalam negeri, Bea Cukai terus gencar memberikan kemudahan pelayanan dalam pelaksanaan ekspor. Kemudahan itu tercermin dari pelaksanaan ekspor garmen milik PT YB Apparel Jaya," kata Kepala Kantor Bea Cukai Magelang Imam Sarjono melalui keterangan, Jumat (14/7).

Menurut Imam, PT YB Apparel Jaya merupakan salah satu dari tujuh perusahan penerima fasilitas kawasan berikat yang berada di bawah pengawasan Kantor Bea Cukai Magelang.

Perusahaan tersebut menyerap tenaga kerja sebanyak lebih dari 1.200 karyawan dan kerap mengekspor produk garmen ke Amerika.

"Ekspor ini mendukung investasi dan menambah devisa serta dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan juga nasional," ujarnya.

Imam berharap dengan adanya pengawasan yang melekat oleh Bea Cukai Magelang dapat mengoptimalkan kegiatan ekspor impor perusahaan.

Selain itu, dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi nasional serta kesejahteraan bagi masyarakat.

"Kami akan selalu mendorong kemajuan industri dalam negeri agar dapat bersaing di pasar global serta memfasilitasi perdagangan internasional dengan berbagai fasilitas, kemudahan, dan kebijakan fiskal yang diberikan,” tegas Imam.

Perwakilan Divisi Ekspor Impor PT YB Apparel Jaya, Deassy pun mengapresiasi kinerja Bea Cukai.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Kantor Bea Cukai Magelang yang selalu membantu kami dalam memberikan kemudahan berbagai administrasi, pelayanan serta pengawasan yang optimal oleh petugas hanggar," ucap Deassy. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler