Bea Cukai Surakarta Tambah Penerima Fasilitas KITE IKM, Ini Tujuan dan Harapannya

Rabu, 09 Oktober 2024 – 13:14 WIB
Penambahan penerima fasilitas KITE IKM diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri dalam negeri. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, SURAKARTA - Bea Cukai Surakarta memberikan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM) kepada PT Megatama Makmur Indonesia.

Seremoni pemberian izin fasilitas KITE IKM tersebut berlangsung di Kantor Bea Cukai Surakarta pada Senin (7/10).

BACA JUGA: Lepas Ekspor 137,5 Ton Tepung Rumput Laut, Bea Cukai Parepare Sampaikan Hal Ini

"Pemberian fasilitas dan kemudahan untuk pelaku industri merupakan perwujudan dukungan Bea Cukai terhadap peningkatan daya saing industri dalam negeri," kata Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta Yetty Yulianty dalam keterangan resminya, Rabu (9/10).

PT Megatama Makmur Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi tas wanita, salah satunya bermerek 'HugoBoss'.
Dengan total nilai investasi saat ini sebesar Rp 6 miliar, perusahaan ini telah mampu menyerap 366 tenaga kerja dari daerah sekitar perusahaan sehingga turut meningkatkan ekonomi masyakarat.

BACA JUGA: Mantap, Tembakau Iris Asal Yogyakarta Diekspor ke Negeri Samurai, Sebegini Jumlahnya

Melalui fasilitas KITE IKM, PT Megatama Makmur Indonesia diharapkan akan mendapatkan keuntungan, berupa pembebasan bea masuk dan tidak dipungut PPN/PPnBM untuk impor bahan baku, mesin, dan barang.

"Kami berharap fasilitas KITE IKM ini dapat meningkatkan daya saing usaha dan efisiensi produksi perusahaan, sehingga semakin meningkatkan penyerapan tenaga kerja di Indonesia dan dapat membuka peluang bisnis untuk masyarakat sekitar," ujar Yetty.

BACA JUGA: Hadiri Peresmian PLBN Terpadu Long Nawang, Bea Cukai Tarakan Sampaikan Komitmen Ini

Pemberian fasilitas ini juga diharapkan akan memberikan nilai tambah terhadap hasil produksi PT Megatama Makmur Indonesia untuk bersaing di pasar global.

Hal tersebut akan membawa dampak positif berupa peningkatan investasi, peningkatan penyerapan tenaga kerja, dan peningkatan kapasitas produksi.

Dalam lima tahun ke depan nilai investasi PT Megatama Makmur Indonesia diproyeksikan terus meningkat hingga berkisar 11 miliar rupiah.

"Dengan meningkatnya nilai investasi tersebut, daya serap tenaga kerja juga diharapkan bertambah berkisar 400 orang per tahun," pungkas Yetty. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler