Bebas Skors 12 Laga, Pecahkan Rekor 12 Tahun

Selasa, 27 November 2012 – 07:41 WIB
MARSEILLE - Chris Makin tidak lagi tercatat sebagai pemain Inggris terakhir yang membela Olympique Marseille di pentas Ligue 1. Rekor yang bertahan selama 12 tahun tersebut dipecahkan pemain bengal Joey Barton, Senin (26/11). Itu sekaligus menjadi debut Barton di Ligue 1 atau setelah dirinya bebas dari skors 12 laga.

Skors itu diterima Barton gara-gara menyerang dua pemain Manchester City saat membela QPR di laga pemungkas Premier League musim lalu. Kendati berpindah liga, Barton yang berstatus pinjaman di Marseille itu tetap harus menjalani sanksinya.
 
Alhasil, Barton sebelumnya hanya bermain untuk Marseille di ajang Europa League. Gelandang 30 tahun itu sudah empat kali turun dan mencetak satu gol cantik (langsung dari sepak pojok) ke gawang Borussia Moenchengladbach (8/11).
 
"Saya semakin nyaman berada di Marseille. Saya juga baik-baik saja di sini sekalipun tidak berbicara dengan bahasa Prancis," kata Barton kepada Canal Plus.
 
Debut Ligue 1 Barton pun menorehkan hasil "cantik" pula. Barton turun membantu Marseille menang 1-0 atas Lille di Stade Velodrome kemarin. Gol semata wayang dicetak Jordan Ayew pada menit ke-46. Di akhir babak pertama, Lille bermain dengan 10 orang menyusul kartu merah Florent Balmont.

Kemenangan atas Lille signifikan bagi Marseille. Les Phoceens " sebutan Marseille " kini menyamai perolehan poin klub kaya Paris Saint-Germain (PSG) di puncak klasemen (26 poin). Hanya, Marseille lebih diuntungkan ketimbang seterunya dalam Le Classique (sebutan duel klasik Marseille v PSG) karena bermain satu laga lebih sedikit (13-14). (dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Messi jadi Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler