Begini Cara Jemaah Ngaji Yuk Menyambut Ramadan, Unik

Senin, 20 Februari 2023 – 23:10 WIB
Jemaah Ngaji Yuk membaca Al-Qur'an di tengah suasana perdesaan. Foto dok. majelis Ngaji Yuk

jpnn.com, JAKARTA - Menyambut Ramadan, sekelompok warga perumahan GTP Depok yang tergabung dalam majelis ‘Ngaji Yuk’ menggelar program unik berupa khataman Al-Qur’an di alam perdesaan.

Koordinator jemaah Ngaji Yuk Gunawan Wibisono mengatakan selama ini setiap menjelang Ramadhan, mereka mengaji rutin di masjid, musala, rumah jemaah di perumahan Griya Telaga Permai. 

BACA JUGA: Mentan Jamin Stok Beras Ramadan Aman

"Nah, tahun ini kami menggelar rihlah dan khataman Al-Qur'an dalam suasana perdesaan di Kampung Cengal, Karacak, Leuwiliang, Bogor baru-baru ini,” kata Gunawan Wibisono, Senin (20/2).

Gunawan menjelaskan kegiatan ini untuk memberi suasana berbeda sekaligus kegembiraan bagi jemaah Ngaji Yuk dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini. 

BACA JUGA: Aipda Sahrul Ramadan Bersimbah Darah Dibacok Warga, Dua Jari Nyaris Putus

Diceritakannya kebetulan ada jemaah Ngaji Yuk yang memiliki rumah di kampung Cengal yang suasana alamnya masih hijau dan dikelilingi suasana perdesaan asri.

Kegiatan rihlah (perjalanan dalam menuntut ilmu) dan khataman Qur’an ini diisi dengan beragam acara digelar. Mulai dari membaca Al-Qur’an 30 juz secara berjemaah, ceramah keagamaan, diskusi, jalan kaki keliling kampung, dan makan bersama. Sebanyak 30 peserta dibagi dalam membaca Al-Qur’an, yang mana satu peserta membaca 1 juz hingga secara keseluruhan 

BACA JUGA: Soal Capres-Cawapres, Cak Imin Diberi Batas Waktu Sebelum Ramadan

Selain itu, peserta mendengarkan ceramah dari Ustaz Farid Nu’man untuk meningkatkan pengetahuan agama jemaah khususnya dalam Fikih ibadah dan muamalah.

Dalam ceramahnya, Ustaz Farid Nu’man menyampaikan ciri-ciri waliullah yang bisa dijadikan teladan bagi umat Islam.

Selain ketakwaannya, para wali Allah ini dikenal dengan perilakunya yang tidak takut dan tidak bersedih hati, karena mereka senantiasa menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangannya.

Para jemaah peserta juga berkesempatan untuk melakukan diskusi dan tanya jawab mengenai beragam hal berkenaan dengan ilmu agama.

Kelompok pengajian ‘Ngaji Yuk’ merupakan kelompok mengaji di perumahan Griya Telaga Permai yang menekankan pada upaya saling memotivasi dan membantu dalam belajar, memperbaiki dan memperlancar bacaan Al-Qur’an secara berjemaah. 

Kegiatan mengaji jemaah Ngaji Yuk telah berjalan lebih dari lima tahun dan diikuti lebih dari 50 warga perumahan.

Jemaah Ngaji Yuk berkumpul tiap malam Jumat untuk membaca Al-Qur’an dan berdiskusi dalam upaya meningkatkan kecintaan jemaah dan warga terhadap Al-Qur’an dengan membaca memahami dan mengamalkannya.

Arif Mujahidin, praktisi humas nasional, yang ikut bergabung sebagai jemaah Ngaji Yuk mengatakan pada waktu-waktu tertentu, jemaah pengajian melakukan kegiatan di luar perumahan untuk menambah wawasan. 

Juni 2022, jemaah Ngaji Yuk mengunjungi Masjid Jogokariyan dan Masjid Kauman Yogyakarta untuk melihat bagaimana warga setempat mengelola masjidnya. Selain itu, jemaah juga melakukan kegiatan sosial, seperti menyumbangkan Al-Qur’an. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler