Begini Cara Kerja Sistem iOS 13, Bisa Blokir Nomor Handphone Tidak Jelas

Jumat, 07 Juni 2019 – 15:27 WIB
Sistem iOS 13 pada perangkat Apple. Foto : Apple

jpnn.com - SETELAH resmi dikenalkan untuk sistem terbaru pada perangkat iPhone, iOS 13 rupanya memiliki segudang fitur yang fokus pada privasi. Termasuk Apple Sign In, dan membatasi lokasi pengguna.

Tapi ada satu kelebihan yang tidak mendapatkan banyak perhatian selama keynote WWDC 2019 beberapa waktu lalu yakni kemampuan untuk menyaring panggilan dari nomor yang tidak Anda kenal.

BACA JUGA: Sori, Apple Berencana Hentikan Layanan Musik iTunes

Seperti dilaporkan dari Thenextweb, Jumat (7/5), pengaturan baru bdalam iOS 13 akan melindungi pengguna dari penelepon yang tidak dikenal dan spam.

BACA JUGA : Calon Generasi Terbaru iPhone Mulai Terungkap, Berikut Prediksinya

BACA JUGA: 4 Tahun Penantian, Apple Akhirnya Rilis iPod Touch Terbaru

 

Ketika pengaturan dihidupkan, iOS menggunakan kemampuan intelijensial Siri untuk melacak panggilan telepon dari nomor di kontak, email, dan aplikasi berpesan. Semua panggilan yang dicurigai secara otomatis dikirim ke voicemail

BACA JUGA: Samsung Ingin Suplai Layar OLED ke MacBook Pro 16 Inci

Tahun lalu, Apple memperkenalkan kemampuan untuk melaporkan pesan dan panggilan spam, melalui ekstensi pihak ketiga. Kemampuan ini sebenarnya sudah hadir pada iOS 12.

BACA JUGA : Penjualan iPhone Turun Drastis Gara-Gara Malas Ganti Hp

Sebagai hasilnya, regulator telekomunikasi di India merilis aplikasi DND yang banyak ditunggu pengguna Apple pada November lalu.

Sebelum Apple memberikan solusi langsung dalam platfprm mereka, aplikasi populer seperti Truecaller hadir untuk menyelamatkan pengguna iOS ketika harus mengidentifikasi panggilan spam. Hanya saja tidak ada opsi 'pembungkaman' otomatis dari panggilan.

Menurut YouMail, perusahaan layanan pemblokiran robocall, orang Amerika menerima 4,9 miliar robocall Mei 2019 silam.

Pada  Mei, Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) mengusulkan untuk memblokir robot secara default. Fitur baru iOS 13 sepertinya dapat membantu Anda menghindari panggilan yang mengganggu ini. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... iPhone XR 2019 Mulai Terkuak, Ini Perubahannya


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
iOS 13   iPhone 2019   Apple  

Terpopuler