Begini Peluang Indonesia Mengalahkan Malaysia di Perempat Final Piala Thomas

Jumat, 15 Oktober 2021 – 14:05 WIB
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Foto: (BWF)

jpnn.com, AARHUS - Indonesia akan bersua Malaysia pada perempat final Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Jumat (15/10) sore WIB.

Tim Merah putih bertekad melakukan balas dendam kepada Malaysia usai disingkirkan di perempat final Piala Sudirman 2021.

BACA JUGA: Piala Thomas: Sering Bentrok dengan Malaysia, Indonesia Siap Gebuk Negeri Jiran

Pada laga yang berlangsung di Finlandia teresbut, Hendra Setiawan dan kolega harus tersingkir usai takluk dengan skor 2-3.

Indonesia sendiri sedang dalam performa menanjak di fase Grup A Thomas Cup dengan menundukkan lawan-lawannya, seperti Thailand, Taiwan, dan Aljazair.

BACA JUGA: Hasil Piala Uber 2020: Indonesia Angkat Koper, 4 Negara Ini Bakal Bersaing di Semifinal

Sementara Malaysia lolos ke perempat final dengan status runner-up Grup D. Lee Zii Jia cum suis hanya mengemas satu kemenangan dari Kanada dan sekali kalah lawan Jepang di fase grup.

Head to Head

BACA JUGA: Hasil Undian Piala Thomas; Indonesia Jumpa Musuh Bebuyutan, Jadi Ajang Balas Dendam

Malaysia bukan lawan yang asing bagi Indonesia. Kedua negara sudah saling bertemu sebanyak 16 kali, di mana Tim Merah Putih mampu mengemas 11 kemenangan di dalamnya.

Pertemuan pertama Indonesia vs Malaysia terjadi pada 1958 di ajang Thomas Cup. Saat itu, Ferry Sonneville dan kolega sukses menekuk Malaysia dengan skor 6-3 dan meraih gelar tersebut untuk pertama kalinya.

Sedangkan pertemuan terakhir kedua negara di Piala Thomas terjadi pada 2018 lalu. Indonesia yang digawangi Hendra Setiawan mampu memenangi laga dengan keunggulan 3-1.

Andai menilik rekor head to head, Indonesia jelas di atas Malaysia. Artinya, skuad Garuda punya peluang untuk membenamkan Negeri Jiran di perempat final nanti.

Itulah yang menjadi keyakinan Manajer tim bulu tangkis Indonesia Eddy Prayitno. Berbekal tren positif selama Piala Thomas 2020, bukan tidak mungkin Indonesia bakal menggasak Malaysia.

"Hasil undian perempat final terulang lagi seperti pada perebutan Piala Sudirman lalu di Vantaa, Finlandia.”

“Malaysia yang membuat kami frustrasi di Piala Sudirman lalu, kini saatnya Indonesia gantian membuat mereka frustrasi di perebutan Piala Thomas," ujar Eddy dalam rilis yang diterima jpnn.com.

Kini Eddy berharap seluruh penggawa Indonesia, baik di sektor tunggal maupun ganda mampu memberikan sumbangsih maksimal untuk Merah Putih.

"Anthony Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito semoga bisa kembali bermain maksimal. Begitu juga di sektor ganda, saya harapkan bisa tampil bagus dan menang," sebut Eddy.

Jika tim bulu tangkis putra Indonesia mampu menaklukkan Malaysia, maka lawan berikutnya adalah pemenang laga Denmark melawan India.

Sedangkan pada pertandingan perempat final lainnya, sedang berlangsung laga Jepang vs Korea Selatan dan Thailand kontra China.(bwf/mcr16/jpnn)

Jadwal Perempat final Thomas Cup 2020

Jumat, (15/10) pukul 18.30 WIB

Denmark vs India

Indonesia vs Malaysia

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler