Begini Sederet Capaian Awaluddin Saat Pimpin AP II Selama 7 Tahun

Sabtu, 18 November 2023 – 15:25 WIB
Muhammad Awaluddin. Foto tangkapan layar YouTube jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Muhammad Awaluddin kini tidak lagi menjadi Direktur Utama PT Angkasa Pura II, per 17 November 2023.

Seperti diketahui Kementerian BUMN dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (InJourney) Holding menetapkan Direktur Operasi PT Angkasa Pura II Wendo Asrul Rose sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Angkasa Pura II pada Jumat (17/11).

BACA JUGA: NIPPON PAINT Hadirkan Inspirasi Tren Warna & Desain 2024

Muhammad Awaluddin menjabat posisi Dirut AP II sekitar tujuh tahun pada periode 2016-2023.

Lalu seperti apa sederet capaian Awaluddin selama tujuh tahun terakhir di AP II?

BACA JUGA: SIG Raih Peringkat Emas di Ajang SNI Award 2023

Sepanjang periode tersebut AP II berhasil meraih berbagai penghargaan di dalam negeri maupun global, antara lain Anugerah BUMN Award 2017 untuk kategori The Best of Overall BUMN dan Peringkat 1 Kategori Kinerja Keuangan Terbaik. Lalu Anugerah BUMN Award 2018 kategori Best of The Best BUMN.

Adapun untuk penghargaan individu, Muhammad Awaluddin pernah meraih The Best CEO kategori The Best Strategic Orientation pada Anugerah BUMN Award 2018, lalu Most Admired CEO 2018 dari Excellent Leadership for Strategic Alliance Development.

BACA JUGA: Lewat Green Youth Movement, Perhutani Dukung Lahirnya Generasi Hijau Cinta Lingkungan

Pada 2022, Muhammad Awaluddin juga ditunjuk sebagai Board Member Airport Council International (ACI) Asia-Pacific, organisasi yang membawahi bandara-bandara di seluruh dunia.

Awaluddin juga diangkat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Aviasi dan Dirgantara Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) pada 2023.

Sementara itu untuk penghargaan yang diraih bandara, Awaluddin berhasil membawa Bandara Soekarno-Hatta sebagai The World’s Most Improved Airport dari Skytrax Awards 2017, lalu Peringkat 10 Best Airport Staff in Asia dari Skytrax Awards 2021, kemudian Peringkat 9 Best Airport Staff in Asia dari Skytrax Awards 2022.

“Ini sungguh merupakan pencapaian yang patut disyukuri di tengah tantangan hebat pandemi COVID-19,” tutur Awaluddin saat itu.

Di bawah Awaluddin, Bandara Silangit juga mendapat penghargaan The Most Improved Airport dari ASQ Airport Council International Awards 2018.

Pada masa pandemi global COVID-19, Awaluddin berhasil menjadikan bandara-bandara AP II termasuk Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu tulang punggung penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

Di tengah pandemi, Bandara Soekarno-Hatta berhasil meraih penghargaan The COVID-19 Airport Excellence Awards dari Skytrax, Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) dari Airport Council International, Airport Health Accreditation dari Airport Council International dan Safe Travel Score 4.3 dari Safe Travel Barometer.

Awaluddin juga tercatat berhasil merealisasikan pembangunan Runway Ketiga di Bandara Soekarno-Hatta guna meningkatkan kapasitas penerbangan dalam melayani masyarakat.

Dari aspek pengelolaan bandara, Muhammad Awaluddin membawa perspektif baru dalam pengelolaan bandara di Indonesia yakni dengan program Kemitraan Strategis (Strategic Partnership) antara AP II dan Konsorsium GMR dalam mengelola Bandara Kualanamu.

Terbaru, pada 2023 ini Awaluddin berhasil dalam menjalankan Full Operation di Bandara Kertajati.

AP II juga menjalani Transformasi Digital di bawah kepemimpinan Awaluddin, dengan berbagai produk yang dihasilkan, antara lain mendirikan Airport Operation Control Center (AOCC) di Bandara Soekarno-Hatta, dan memperkenalkan TravelinPass yang membuat penumpang pesawat di bandara-bandara AP II dapat memproses keberangkatan hanya dengan verifikasi wajah.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler