Beginilah Daerah Ini Apresiasi dan Hadiahi Para Peserta Bela Negara

Kamis, 03 Maret 2016 – 14:59 WIB
Ilustrasi. Foto: Dok JPNn

jpnn.com - CURUP - Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi, menjanjikan hadiah umroh kepada peserta pelatihan bela negara di BLKM Cawang Kabupaten Rejang Lebong.  Hal tersebut disampaikannya usai acara pembukaan Rabu (2/3) kemarin.

"Untuk terbaik pertama pada kegiatan ini akan saya umrohkan," ungkap Hijazi.

BACA JUGA: Asyik! Daerah Ini Perbolehkan PNS Nyalon Kepala Desa

Menurut bupati, janji umroh yang sampaikan tersebut sebagai rangsangan kepada peserta yang mengikuti kegiatan tersebut untuk semangat dan serius dalam mengikuti kegiatan bela negara. Karena menurut bupati, saat ini keberadaan bela negara sangat penting dilakukan untuk menciptakan kader bela negara.

"Karena kegiatan ini hanya dilakukan selama dua hari, oleh karena itu saya ingin memotivasi mereka agar bisa mengikuti kegiatan ini dengan serius," tambah Hijazi.

BACA JUGA: Lagi Marah, Pak Camat malah Ditertawakan PSK eks Dolly

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain memberikan hadiah kepada terbaik pertama, ia juga akan memberikan hadiah kepada terbaik kedua dengan berliburan ke kota Yogyakarta, sedangkan terbaik ketiga akan berlibur ke Kota Bandung.  Sementara itu, bila terbaik pertamanya adalah peserta non muslim, maka akan berlibur ke Bali.

Selain itu ia juga mengungkapkan bahwa, hadiah yang ia janjikan tersebut bukan untuk peserta dari Rejang Lebong saja, melainkan juga untuk peserta dari luar Rejang Lebong, mengingat kegiatan pelatihan bela negara tersebut berasal dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA: Honorer Sudah Diultimatum Gunakan Baju Baru

Sementara itu, Direktur Bela Negara Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Laksamana Pertama Muhammad Faisal SE, MM, yang membuka kegiatan menjelaskan. Bahkan kegiatan yang dilakukan kemarin hingga hari ini merupakan kegiatan yang kedua dilakukan di Rejang Lebong.

"Kegiatan ini akan terus kita lakukan di Rejang Lebong, ke depannya kita akan berupaya untuk bekerjasama dengan kementerian lain selain dari Kementerian Pertahanan," aku Faisal.

Selanjutnya ia menjelaskan, bahwa pelatihan bela negara yang diberikan adalah latihan pembentukan karakter. Dimana dalam kegiatan tersebut nilai-nilai bela negara yang ditanamkan seperti cinta tanah air, sadar berbangsa, yakin kepada pancasila sebagai ideologi negara, memiliki kemampuan awal bela negara dan rela berkorban.

Sementara itu, terkait dengan dilibatkannya guru dalam kegiatan pelatihan bela negara. menurut M Faisal, karena guru merupakan agen perubahan yang terdepan dalam mendidik generasi muda. Oleh karena itu diharapkan nantinya saat mengajar dikelas para guru akan menyisipkan nilai-nila bela negara disetiap pelajaran yang ia sampaikan.

"Dengan disisipkannya materi bela negara oleh para guru ini kita berharap kedepannya seluruh komponen masyarakat memiliki kesadaran bela negara," harap M Faisal.

Kegiatan bela negara yang akan dilaksanakan hingga hari ini diikuti oleh 125 peserta dengan rincian dari Rejang Lebong sebanyak 50 orang, kemudian dari Kota Bengkulu sebanyak 20 orang, Kepahiang 20 orang, Lebong 20 orang dan Bengkulu Tengah sebanyak 15 orang. Dalam pembukaan kemarin turut hadir Wakil Bupati Lebong, unsur FKPD dan sejumlah kepala SKPD yang ada di Rejang Lebong. (251/ray)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wuih, Satpol PP Ditantang Tumpas Gerombolan Bersenjata Poso


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler