Beginilah Reaksi Jokowi saat Diteriaki Para Pelajar di Lokasi Penanaman Pohon di Acara HPN 2020

Sabtu, 08 Februari 2020 – 15:52 WIB
Presiden Jokowi bicara dengan Ketua HPN 2020 Auri Jaya di lokasi penanaman pohon, Sabtu (8/2). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, BANJARBARU - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri rangkaian acara perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2).

Acara ini diawali dengan kegiatan peresmian Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia dan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia, sekaligus peluncuran Kebun Bibit Desa (KBD) di lahan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: HPN 2020: Beruntungnya Marsawa Diselamatkan Presiden Jokowi

Dalam acara peresmian itu, presiden juga melakukan penanaman pohon mersawa (Anisoptera Marginata Korth).

Pohon jenis meranti itu istimewa karena bisa bertahan hingga 350 tahun dan tumbuh tinggi sampai 45 meter.

BACA JUGA: Puncak HPN 2020, Ketua PWI Apresiasi Menteri Siti di Depan Jokowi

Ada hal menarik dalam kegiatan itu, saat melakukan penanaman pohon, Jokowi diteriaki para pelajar berseragam pramuka. Pelajar itu meminta Jokowi untuk memberikan sepeda.

BACA JUGA: Di HPN 2020, Presiden Jokowi Kenalkan Ibu Kota Negara Baru Ramah Lingkungan

Presiden Jokowi di areal penanaman pohon, rangkaian acara peringatan HPN 2020 di Banjarbaru, Kalsel, Sabtu (8/2). Foto: Ricardo/JPNN.com

Para pelajar berseragam pramuka itu memang dilibatkan di acara penanaman pohon. Mereka sudah menyebar di areal penanaman bibit pohon, yang cukup luas. Jarak mereka dari presiden melakukan penanaman pohon mersawa, lumayan jauh. Terdekat sekitar 100 meter.

Para pelajar SMP itu histeris, teriak dari kejauhan. “Pak Jokowi, minta sepeda Pak,” begitu terdengar teriakan.

“Pak Jokowi, ke sini Pak. Pak Jokowi, ke sini Pak,” suara itu terdengar berulang-ulang.

Jokowi lantas berjalan pelan. Menyusuri pematang lahan, yang sudah dilapisi papan lantaran cukup becek.

Jokowi berjalan menuju suara-suara teriakan itu. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, beserta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, menyertai Jokowi berjalan areal penanaman bibit pohon.

Ada juga Gubernur Kalimantan Selatan Syahbirin Noor, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari dan Ketua Panitia Pelaksana HPN 2020 Auri Jaya.

Tanpa dikomando, spontan para pelajar dari sisi lain berhamburan meninggalkan “pos mereka”, berjejer berdiri di pinggir papan pematang yang sudah pasti akan dilalui Jokowi.

Sembari mengamati bibit-bibit pohon yang sebagian sudah ditanam, Jokowi yang merupakan alumni Fakultas Kehutanan UGM itu menyalami para pelajar satu per satu.

Presiden Jokowi juga berhenti di titik penanaman pohon yang dilakukan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari.

Jokowi juga melihat pohon yang ditanam Ketua Pelaksana Peringatan HPN 2020 Auri Jaya dan dari kejauhan keduanya sempat mengobrol.

Para pengurus PWI dari berbagai daerah juga melakukan penanaman pohon endemic, khas masing-masing daerah asalnya. (cuy/jpnn)

 


Redaktur : Elfany Kurniawan
Reporter : Elfany Kurniawan, Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler