Beli Rumah, sang Jenderal tak Mengaku Polisi

Jumat, 05 Juli 2013 – 19:58 WIB
JAKARTA -- Saksi Saroyini Wuryan Rahayu Salib, memuji penampilan Irjen Djoko Susilo dan istrinya, Suratmi, saat menawar rumahnya di Yogyakarta.

Saroyini menyebut, penampilan Djoko dan istrinya, sangat lah necis. Karenanya, ketika hendak pulang usai negosiasi rumah, Saroyini sempat menanyakan pekerjaan Djoko.

Hal ini diungkapkan Saroyini saat bersaksi untuk Djoko, pada persidangan kasus dugaan korupsi Driving Simulator SIM dan Pencucian Uang, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Jumat (5/7).

Nah, saat ditanyakan pekerjaannya, Djoko tak mengaku sebagai jenderal Polri.

"Waktu mau pulang, saya lihat (Djoko) parlente fashionnya, ibunya (istri Djoko) juga fashion (fashionable). Saya tanya kegiatannya sehari-hari apa? Dia mengaku sebagai distributor Telkomsel atau Indosat," kata Saroyini.

Dia mengaku tak tahu kalau Djoko itu adalah seorang Polri. Nah, ia baru tahu ketika ribut-ribut kasus Djoko. Tahunya pun dari media massa. Saat itu, ia diberitahu suaminya, Slamet Wiryodihardjo Salib, kalau rumah yang dijualnya kepada Djoko, masuk televisi alias muncul di pemberitaan televisi.

"Saya kaget, dikasih tahu suami "rumahmu masuk TV, itu Djoko, ternyata  Irjen Polisi," katanya menirukan ucapan sang suami.

"Di TV ada berita-berita, langsung saya berpikir, waduh kena deh aku. Nasib," ujarnya, di hadapan Majelis Hakim yang diketuai Suhartoyo.

Jelang akhir kesaksiannya, Hakim menanyakan apa maksudnya mengatakan, "kena deh aku" tersebut.
Kata Hakim, apakah karena uang pembayaran rumah disita KPK.  Saroyini menjawab tidak. Tapi, nasib karena harus berurusan karena menjalani pemeriksaan di KPK.

Seperti diketahui, Djoko membeli tanah yang di atasnya berdiri rumah di Kelurahan Panembahan,  Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta atau Jalan Langenastran Kidul Nomor 7, RT 06 / RW 02, Keraton Panembahan Yogyakarta.

Pembelian rumah itu dilakukan dari Slamet Wiryodihardjo Salib dan Saroyini Wuryan Rahayu Salib. Kemudian rumah itu diatasnamakan putrinya, Poppy Femialya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hatta: Parpol Koalisi tak Bahas Nasib Menteri PKS

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler