BEM SI Kembali Gelar Demo Hari Ini, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di 7 Jalur

Jumat, 16 Oktober 2020 – 13:01 WIB
Pedemo pada aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law Cipta Kerja di Jakarta Pusat, Selasa (13/10). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) wilayah Jabodetabek-Banten kembali menggelar unjuk rasa menolak pengesahan UU Omnibus Law Cipta Kerja hari ini di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

BEM SI bakal membawa massa lebih banyak daripada aksi serupa pada 8 Oktober lalu. Diperkirakan ada 6.000 mahasiswa yang akan mengikuti aksi.

Ribuan massa tersebut merupakan gabungan mahasiswa dari kampus di Jabodetabek-Banten hingga Sulawesi dan Kalimantan. 

“Kami tetap menunggu itikad baik dari Presiden Joko Widodo untuk bisa menemui kami di lokasi aksi,” ungkap Koordinator Bidang Media BEM SI, Andi Khiyar dalam keterangannya, Kamis (15/10) kemarin.

Andi menegaskan fokus tuntutan aksi yang mulai pukul 13.00 Wib akan kembali mencecar keberpihakan Presiden Joko Widodo untuk mencabut UU Ciptaker lewat penerbitan Perppu. 

Mengsntisipasi hal itu, Polda Metro Jaya melakukan pemblokadean jalan di sekitar Istana Negara dan membuat rekayasa arus lalu lintas di sekitarnya. 

“Kami lakukan penutupan (Jalan menuju Istana Merdeka) mulai (Kamis malam) pukul 23.00 WIB,” ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Jumat (16/10).

Berikut 7 rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Merdeka:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

2.Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.

3. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih.

4.Arus lalu lintas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis.

6. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.

7.Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jl Majapahit. (mcr3/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Prabowo Masuk Pentagon, Gatot dan Din Ditolak Kapolri saat Bertamu, Prahara KAMI


Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler