Benarkah Buah Alpukat Bisa Mencegah Kanker Payudara?

Jumat, 10 Juli 2020 – 04:21 WIB
Alpukat. Foto: pixabay

jpnn.com - Tidak hanya untuk kecantikan, buah alpukat juga disebut sebagai makanan yang bisa mencegah kanker payudara.

Mengutip laman Healthline, peneliti dari University of California di Los Angeles melihat ada bukti spesifik dari ekstrak alpukat yang dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan sel kanker mulut.

BACA JUGA: Benarkah Minyak Alpukat Bisa Membantu Memperbesar Payudara?

Penelitian tersebut menyimpulkan phytochemical (senyawa kimia aktif dalam tanaman) dalam alpukat punya kemampuan yang bermanfaat untuk pencegahan kanker.

Sayangnya, tidak banyak penelitian yang meneliti manfaat alpukat untuk mencegah kanker payudara.

BACA JUGA: Kaitan Berat Badan dengan Kanker Payudara bagi Wanita Lansia

"Sampai saat ini, belum ada penelitian yang secara spesifik mengaitkan alpukat dengan pengurangan risiko kanker payudara," kata Michelle Smekens, ahli onkologi naturopati di Cancer Treatment Centers of America’s Midwestern Regional Medical Center.

Walaupun tidak ada bukti valid, buah alpukat tetap dianggap sebagai sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan payudara.

BACA JUGA: Hadapi New Normal dengan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Contohnya saja, alpukat adalah makanan yang dianjurkan dalam diet Mediterania. Diet Mediterania ini sering dianjurkan ahli kesehatan untuk menjaga pola hidup sehat dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker.

Diet Mediterania mengharuskan Anda mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian setiap hari. Anda juga diperbolehkan mengonsumsi protein tanpa lemak beberapa kali dalam seminggu.

Hal ini pun disetujui oleh dr. Devia. Menurutnya, buah alpukat memang tidak menjamin seorang wanita bisa terhindar dari kanker payudara.

Namun, makan buah ini setiap hari bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh dengan mengganti lemak jahat jadi lemak baik.

“Ketika tubuh Anda terisi lemak jahat, kemungkinan Anda akan mengalami kenaikan gula darah, kolesterol, risiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Tetapi jika tubuh diisi dengan lemak baik dari alpukat maupun makanan lainnya, maka tubuh akan lebih sehat dan tidak berisiko mengalami gangguan kesehatan tadi,” jelas dr. Devia.

Nah, jika Anda ingin memperbesar payudara dengan alami, Anda bisa mengatur pola makan jadi lebih sehat, olahraga, dan membiasakan diri untuk duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang baik.

Usahakan tubuh Anda tetap tegak dengan dada membusung saat Anda berdiri maupun saat duduk.(OVI/AYU/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler