Benny Saputra dan Wawan Kadri Harumkan Nama Indonesia di Balapan Rimba Raid 2023 Malaysia

Senin, 04 September 2023 – 21:32 WIB
Dua pembalap dari tim Sparta Adventure Indonesia berhasil naik podium untuk pertama kalinya mengharumkan nama Indonesia. Kedua pembalap tersebut adalah Benny Saputra dan Wawan Kadri. Foto: Dok tim Sparta Adventure Indonesia

jpnn.com, MALAYSIA - Indonesia meraih hasil positif pada ajang balapan reli motor Rimba Raid 2023 yang berlangsung di Taman Negara Jerantut, Pahang, Malaysia pada 2-3 September.

Dua pembalap dari tim Sparta Adventure Indonesia berhasil naik podium untuk pertama kalinya mengharumkan nama Indonesia.

BACA JUGA: 7 Pembalap Garuda yang Wakili Indonesia Siap Adu Skill di Rimba Raid 2023

Adalah Benny Saputra yang bertarung di master class A motor adventure berkapasitas di atas 1.000 cc berhasil memberikan kejutan dengan meraih juara ketiga.

Di kelas ini, Benny menggeber motor gede KTM 1190 adventure R. Sementara pembalap Wawan Kadri meraih posisi keempat di kelas C dengan menggunakan motor Honda CRF250 rally.

BACA JUGA: Rimba Raid Team Indonesia Siap Adu Skill di Balap Reli Malaysia

"Saya puas dengan hasil ini dan ini merupakan hasil kerja keras dan kerjasama tim mulai dari persiapan hingga balapan digelar. Kemenangan ini untuk Indonesia tentunya," ungkap Benny Saputra.

Pimpinan Sparta Adventure Indonesia, Dimas Anggoro bangga dengan pencapaian timnya. Sebab, timnya baru pertama kali mengikuti ajang reli yang menjadi kejuaraan bergengsi skala Asia ini. Apalagi, para pembalapnya harus bersaing dengan 280 peserta dari 24 negara.

"Yang pertama kita punya support tim yang bagus, dan kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Ini tentu jadi hasil terbaik yang kita raih di ajang terbaik di Asia yang baru pertama kita ikuti," ungkap Dimas.

Dimas menjelaskan, timnya mempersiapkan Wawan Kadri bekerjasama dengan komunitas Ubas Extreme.

Sebelum tampil di Rimba Raid 2023, Wawan juga berlaga di ajang Red Bull Romaniacs Enduro Championship di Sibiu, Rumania, pada Juli 2023 lalu. Sementara Benny juga melakukan persiapan dengan berlatih fisik hingga menjajal beberapa trek ekstrem di tanah air.

Dimas menyatakan, selain Wawan dan Benny, tim Garuda Rimba Raid juga membawa lima pembalap lainnya. Dhanny Khadarusman,Tajul Arifin, Iskandar Sudirman dan Nanang Surya Fajar yang memakai motor Honda CRF250 rally juga berhasil menuntaskan balapan hingga garis finish. Sementara Taofic Arifin gagal menuntaskan balapan karena masalah motor.

"Memang tidak mudah balapan di jalur ekstrem melintasi hutan, sungai, tanah hingga pasir lebih dari 200 kilometer ini. Banyak juga pembalap dari negara lain yang gagal dan hampir semuanya karena motornya bermasalah di tengah hutan," jelas Dimas.

Dimas menyebutkan pada ajang Rimba Raid 2024 nanti, timnya akan mempersiapkan para pembalap dengan lebih baik lagi. Apalagi ia sudah memiliki pengalaman pada tahun ini. Dimas juga berharap panitia Rimba Raid memperbaiki berbagai kekurangan yang terjadi tahun ini.(dkk/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler