Bentrok Kelompok Tuai Kritik

Senin, 01 April 2013 – 05:37 WIB
MAKASSAR -- Beberapa bentrokan antarkelompok dalam beberapa hari belakang ini mulai mendapat sorotan. Kinerja kepolisian, khususnya pada jajaran Polsek pun mendapat kritik. Kesiap-siagaan aparat dinilai kurang sehingga mudah terjadi bentrokan. Apalagi, pengungkapan penyeban dan yang terlibat dalam bentrokan juga tidak tertangani dengan baik.
          
Ketua LBH Makassar, Abdul Azis mengatakan koordinasi yang kurang pada tingkat paling bawah yakni polsek membuat insiden sering terjadi. Harusnya, kata dia, aparat pada jajaran polsek bisa menganalisa potensi-potensi konflik tersebut. Dia mencontohkan di wilayah Polsek Tamalate. Baru-baru ini bentrokan terjadi namun tidak tertangani dengan baik.
           
Bahkan sampai dengan teror bom seperti yang terjadi di SMA Frater juga tidak terselesaikan dengan baik. Hal ini, dianggap sebagai kelemahan aparat. Padahal, dampaknya sangat mungkin berpengaruh pada keamanan kota Makassar. "Kenapa sih, begitu mudah terjadi bentrokan. Aksi saling serang dan sebagainya. Harusnya kan bisa dicegah," ucapnya.

Lebih lanjut dia meminta agar pada wilayah rawan agar diberikan perhatian serius. Jika diperlukan kata dia, kapolsek dievaluasi agar mendapat strategi sekaligus model penanganan yang baik. Pasalnya, bukan tidak mungkin memang ada kendala tersendiri yang menjadi masalah dalam membendung aksi-aksi bentrokan tersebut, "Jangan dibiarkan," ucapnya.
            
Kapolsek Tamalate, AKP Suaeb A Majid yang dikonfirmasi mengatakan saat ini pihaknya sudah memaksimalkan penjagaan beberapa titik. Menurutnya, langkah antisipasi sudah dilakukan sebaik mungkin untuk mengantisipasi adanya aksi bentrok terulang. Salah satu titik yang saat ini dipantau yakni daerah sekitar Jalan Abdul Kadir.
             
"Kita jalan setiap dua kali sehari sekarang. Masalahnya, jika diantisipasi dan patroli tidak dilakukan, maka potensi itu jelas terbuka. Soal tindaklanjutnya, masih dalam proses pengungkapan. Kami tidak mungkin membiarkan jika ada potensi konflik di daerah kami," ucapnya. (arm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Kronologis Kerusuhan Palopo

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler