Berbohong soal Virus Corona Bakal Menyesal Seumur Hidup

Jumat, 06 Maret 2020 – 07:57 WIB
Warga menggunakan masker di kawasan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (3/3). Kementerian Kesehatan RI meminta masyarakat agar tidak panik. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, HUBEI - Sejumlah pemerintah daerah di Tiongkok memiliki daftar hitam nama-nama warganya yang berbohong soal wabah virus corona jenis baru (COVID-19).

Warga yang masuk dalam daftar tersebut, bakal merasakan efek seumur hidup.

BACA JUGA: Virus Corona Mengintai, Serikat Buruh Tetap Akan Gelar Unjuk Rasa di Jakarta

Daftar hitam yang diperkenalkan Pemerintah Kota Xiangyang, Provinsi Hubei, Rabu (4/3), membidik warganya yang menyembunyikan penyakit, keluar dari daerah terkena epidemi, menyembunyikan informasi tentang kontak langsung dengan orang terduga atau terkonfirmasi positif COVID-19, dan menolak masuk karantina.

Warga harus bisa menjaga diri karena dengan masuk daftar hitam akan memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka pada masa-masa mendatang, demikian Pemkot Xiangyang.

BACA JUGA: Tenang, Presiden Jokowi Sebut 94 Persen Pasien Virus Corona Bisa Disembuhkan

Bagi warga yang masuk daftar hitam, tidak akan mendapatkan fasilitas kebutuhan sehari-hari yang memadai, akses perbankan, dan pelayanan transportasi publik, seperti pesawat dan kereta api cepat.

Permohonan mendapatkan akses sosial dan bekerja di instansi publik juga akan dibatasi.

BACA JUGA: Cegah Virus Corona, Pemerintah Tutup Pintu Bagi Pendatang dari Tiga Negara Ini

Sebaliknya Pemkot Xiangyang juga memberikan insentif dan apresiasi kepada warga yang berpartisipasi dalam pecegahan dan pengendalian wabah COVID-19, seperti staf medis, tenaga sukarelawan, dan donatur.

Xiangyang bukan kota pertama yang meluncurkan program tersebut. Pemkot Shanghai sebelumnya juga mengeluarkan kebijakan serupa pada 7 Februari 2020 sehingga upaya pencegahan dan pengendalian wabah penyakit mematikan itu berjalan efektif, demikian Global Times. (antara/jpnn)
Prabowo Istirahatlah


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Virus corona   Corona   Hubei  

Terpopuler