Berharap Jokowi tak Larang Delman Beroperasi di Monas

Senin, 15 Oktober 2012 – 12:12 WIB
JAKARTA-Pelantikan Gubernur DKI Jakarta 2012-2017, ternyata tidak sampai menutup ruas Jalan Kebon Sirih Jakarta. Bahkan mulai dari mobil hingga lima lima buah delman kuda, berhias pernak-pernik asli Betawi,  tampil persis di depan panggung yang direncanakan sebagai tempat Jokowi-Ahok menyapa masyarakat Jakarta.

Pada salah satu delman yang biasa beroperasi di seputaran Monas ini, terdapat sebuah tulisan ucapan selamat terhadap pasangan yang dilantik. Namun menariknya, mereka mengatasnamakan diri Massa Rakyat Tertindas.

Sebagaimana dikemukakan Anto, seorang penarik delman, meminta agar pemerintah DKI Jakarta  jangan diperlakukan diskriminatif. Tapi  seharusnya Gubernur mendukung keberadaan mereka, sebagai salah satu budaya asli yang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu daya tarik wisata di Jakarta.

"Bersama Jokowi-ahok, budayakan delman di monas," ujar pria 17 tahun yang sudah menarik delmannya dari usia 8 tahun.  Anto bersama lima penarik delman lainnya, memarkirkan andong-andong mereka berjajar menghadap panggung.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu delman boleh mengais rejeki di kawasan dalam Monas. Belakangan, mereka dilarang dan hanya boleh beroperasi di luar pagar Monas.

Banyaknya delman yang berada di sekitar gedung DPRD DKI ini ini langsung menjadi pusat perhatian. Bahkan warga yang berpanas-panasan diterik matahari, berebut menaikinya dan mengabadikannya lewat telepon seluler. Mereka terlihat sangat menikmati seruan-seruan para orator yang menyatakan siap mengawal program Jokowi-Ahok bagi rakyat Jakarta.

"Kita harapkan, tidak ada lagi penggusuran. Kita minta ke depan tidak ada lagi warga di Jakarta yang tidak memperoleh Kartu Tanda Penduduk. Hidup Jokowi, hidup Ahok,"ujar orator yang menekankan Jakarta Baru harus tanpa penggusuran.

"Kita yakin Jokowi punya nyali besar untuk kedepankan kepentingan rakyat. Ini bisa, kalau kita mendukung mereka. Kita ingin agar tanah untuk rakyat. Tidak lagi dikuasai cukong-cukong besar," ujar orator lainnya.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harapkan Jokowi Segera Bersihkan DKI dari Korupsi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler