Berharap Pengusaha-Pekerja Punya Semangat Sama

Minggu, 29 April 2012 – 18:18 WIB

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengaku mendukung pelaksanaan peringatan hari solidaritas buruh internasional (May Day) pada 1 Mei lusa. Meski demikian Muhaimin tetap berharap agar pelaksanaan May Day bisa berlangsung aman dan tertib.

“Pada prinsipnya pemerintah menyambut baik dan mendukung pelaksanaan May Day. Saya mengucapkan selamat kepada seluruh pekerja/buruh serta pengusaha serta berharap agar pelaksanaannya dapat berlangsung dalam suasana kondusif seperti tahun-tahun sebelumnya,“ terang Muhaimin di Jakarta, Minggu (29/4).

Menteri yang juga ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga berharap May Day diperingati dengan  semangat kebersamaan antara pengusaha dan pekerja, demi meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan para pekerja/buruh. Menurutnya, May Day adalah momentum peningkatan produktivitas kerja sekaligus memperbaiki kesejahteraan pekerja.

"Spirit May Day ini menjadi pendorong utama agar pemerintah, pengusaha dan pekerja/buruh dapat saling bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh,'' kata Muhaimin.

Muhaimin menambahkan,  pemerintah terus berupaya untuk mengurangi beban kalangan pekerja/buruh. Berbagai kebijakan pun telah diambil demi meningkatkan kesejahteraan para pekerja/buruh.            

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk  meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh lainnya  adalah dengan membangun perumahan dan rumah susun sejahtera sewa  bagi pekerja/buruh di basis-basis industri di seluruh Indonesia. “Pemerintah juga akan menyediakan bantuan transportasi untuk buruh dari rumah di basis industri ke lokasi kerja. Bahkan pemerintah juga akan membangun tiga rumah sakit khusus buruh. Ini semua merupakan hadiah peringatan Hari Buruh tahun ini," ujarnya.

Mengacu data Kemenakertrans, hingga akhir 2011 di Indonesia terdapat 6 Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB), 91 Federasi SP /SB, 11. 852 buah SP/SB tingkat perusahaan,  serta 170 SP/ SB nasional di perusahaan- perusahaan BUMN. Sedangkan jumlah anggota SP /SB seluruhnya mencapai 3.414.455 orang.(Cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Senjata Kostrad Gorontalo Ditarik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler