Beri Kuliah Umum di Seskoal, Megawati Disambut KSAL Yudo dan Jajaran Perwira TNI AL

Selasa, 04 Oktober 2022 – 16:50 WIB
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri didampingi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memberikan kuliah umum di Seskoal, Jakarta Selatan, Selasa (4/10). Foto: DPP PDIP.

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Kelima RI Prof. Dr (HC). Megawati Soekarnoputri memberikan kuliah umum di Kampus Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) di Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (4/10). 

Megawati Soekarnoputri yang hadir bersama Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Dr. Hasto Kristiyanto itu disambut langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono dan jajaran perwira TNI AL.

BACA JUGA: Momen Jokowi di Rakernas PDIP yang Memuji Kecantikan Megawati Soekarnoputri

Setibanya di Seskoal, Megawati Soekarnoputri disambut dengan gerak dan lagu “Bersuka Ria” oleh para  perwira TNI AL karya Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno. 

Sebelum masuk ke ruangan kuliah, Megawati Soekarnoputri yang juga ketua umum DPP PDIP itu terlebih dahulu memberikan sebuah lukisan. 

BACA JUGA: Laksamana Yudo Pastikan tidak Ada Prajurit TNI AL yang Bisa Lolos dari Jerat Hukum

Seusai serah terima lukisan, Megawati masuk ke ruang acara, yang mana ratusan peserta didik Seskoal sudah menanti.  

Begitu masuk, Megawati disambut dengan lagu Bersuka Ria yang pernah dinyanyikan oleh Bing Slamet dan populer di era Soekarno.

BACA JUGA: Ditanya soal Capres, Mbak Puan: Tanya Saja Bu Mega

Dengan semangat, para perwira TNI AL bernyanyi dan bergerak mengikuti irama lagu itu. 

Sementara Megawati dan KSAL Yudo naik ke atas panggung dan duduk di kursi. 

Megawati tampak tersenyum dan sesekali tertawa melihat gerakan para perwira itu. 

Tiba-tiba Megawati menggerakkan tubuhnya, dan tangannya. 

Megawati bergerak seakan menarikan tari Jawa. 

Seusai lagu dan gerak Bersuka Ria itu selesai, Laksamana Yudo pun berbicara. 

Menurut dia, Bu Mega tadi menunjukkan bagaimana dahulu lagu Bersuka Ria memiliki gerakan tari tersendiri.

Gerakan itu seperti tari Jawa dan luwes. 

Laksamana Yudo mengatakan Megawati sempat berbisik kepadanya bahwa gerakan para perwira siswa Seskoal masih agak kaku dibandingkan gerakan tari Bersuka Ria yang asli.

“Jadi, nanti lagu ini ada gerakan sendiri yang tariannya jangan kaku. Kata beliau tadi kami terlalu lemas. Tadi beliau tunjukkan seperti tari Jawa. Ternyata lagu ini ada gerakannya tersendiri,” kata Laksamana Yudo.

Komandan Seskoal Laksamana Muda (TNI) Yoos Suryono Hadi mengatakan acara kuliah umum itu bertemakan Pancasila dan Pembinaan Ideologi bagi Seluruh Rakyat Indonesia. “Dengan kuliah ini, Pancasila menjadi falsafah hidup para siswa yang nanti akan langsung bertugas di berbagai jabatan operasionalnya,” ungkapnya. 

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri memberikan kuliah umum di Seskoal, Jakarta Selatan, Kamis (4/10). Foto: DPP PDIP. 

Yoos juga mengatakan bahwa Bu Mega bukan hanya seorang putri penggagas Pancasila, yakni Bung Karno, dan Presiden Kelima RI. 

“Namun, Ibu Megawati merupakan tokoh senior yang sangat paham hidup dan perjalanan bangsa ini. Terlebih lagi beliau adalah ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” kata Yoos Suryono. 

Megawati mengatakan dirinya akan banyak berbicara  mengenai situasi dan kondisi dunia, serta dampaknya terhadap Indonesia.

“Ini menjadi prioritas di masa sekarang dan strategis untuk diketahui. Beberapa kali saya dipanggil oleh Bapak Presiden untuk berbicara mengenai situasi internasional dan di dalam negeri,” kata Megawati dikutip dari siaran pers, Selasa (4/10). (boy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler