Beri Solusi UMKM, Aplikasi Ninja Biz Sediakan Fasilitas Kirim Dulu Bayar Kemudian

Sabtu, 14 Oktober 2023 – 06:08 WIB
Selain menyediakan fasilitas kirim dulu bayar kemudian, pengiriman COD ke seluruh wilayah Indonesia juga menjadi salah satu fitur pilihan dalam penggunaan aplikasi Ninja Biz. Foto: Dokumentasi Ninja Xpress

jpnn.com, JAKARTA - Ninja Xpress terus memberikan berbagai dukungan bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Terbaru, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia itu menyediakan Ninja Biz yang merupakan aplikasi 3PL pertama dan satu-satunya yang dapat mengirimkan paket dengan fitur kirim dulu bayar kemudian.

BACA JUGA: Ninja Xpress Hadirkan Wadah Bagi UKM untuk Kuasai Pasar Lokal & Global

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengungkapkan pihaknya menyadari bahwa salah satu tantangan para pelaku UMKM adalah pengelolaan cash flow.

"Sehingga untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM atau shipper, kami menyediakan fasilitas pengiriman yang memberikan kemudahan yang tidak hanya dengan layanan penjemputan paket dari rumah, tetapi juga menawarkan layanan cash on delivery dalam penjualan barangnya," kata Andi Djoewarsa dalam keterangannya, Jumat (13/10).

BACA JUGA: Ninja Xpress Bantu UKM Optimalkan Pengiriman ke Seluruh Wilayah Indonesia

Melalui inovasi layanan Ninja Biz, kata Andi Djoewarsa, pelaku UMKM juga dapat menikmati pengiriman paket ke seluruh Indonesia yang lebih mudah.

"Karena kirim paket tinggal klik," tegasnya.

Berdasarkan laporan MSME Empowerment 2022, sebanyak 83,8 persen pengusaha UMKM telah menerapkan digitalisasi atau memanfaatkan teknologi dalam mendukung kegiatan operasional bisnis mereka.

Terjadinya transformasi digital para pelaku bisnis di Indonesia juga terjadi dengan para pelaku bisnis UMKM yang ditandai dengan mulai tingginya pemanfaatan platform digital untuk promosi sampai dengan penggunaan jasa pengiriman yang berbasis teknologi.

Dalam mendukung transformasi digital UMKM, Ninja Xpress juga menyediakan berbagai kemudahan yang dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi Ninja Biz, termasuk pelacakan paket secara real-time yang memungkinkan shipper untuk mengetahui lokasi paket mereka dengan cepat.

Selain itu, memudahkan penggunaan metode pembayaran COD (Cash on Delivery) yang memungkinkan pengirim untuk menerima pembayaran langsung dari penerima saat paket sampai.

Melalui berbagai fitur ini, Ninja Biz memberikan solusi yang lebih efisien dan nyaman bagi para shipper dalam mengelola keuangan dan juga pengiriman logistik mereka.

Saat ini, sudah hampir 100 ribu pengguna internet yang berhasil mengunduh aplikasi Ninja Biz.

Kemudian dengan lebih dari 35 persen active shipper yang telah mengirim lebih dari 7 ribu kg paket sepanjang September 2023 melalui aplikasi Ninja Biz.

Sementara itu, pengiriman terbanyak datang dari beberapa daerah di Jawa dengan tiga destinasi pengiriman terbanyak, yakni di Tangerang, Sumedang, dan Sukabumi.

Adapun lokasi pengiriman terbanyak, yaitu Sukabumi, Jakarta, dan Bandung.

Mayoritas paket yang dikirimkan menggunakan aplikasi Ninja Biz adalah kategori paket berukuran kecil (paket yang berukuran maksimal 20x11x7cm) atau rata-rata 2 kg per parcel yang biasanya berisi kosmetik, aksesoris fesyen, seperti baju, jam tangan, kacamata dan lain-lain.

Ninja Xpress juga menyelenggarakan program Bulan UMKM dengan memberikan diskon tambahan untuk pengiriman paket yang dikirimkan melalui Ninja Biz selama satu bulan.

Selama Oktober, shipper yang menggunakan aplikasi Ninja Biz dapat menikmati promo diskon 30 persen tanpa syarat.

Layanan Ninja Biz juga dapat digunakan UMKM maupun end user untuk melakukan pemesanan dan pengiriman barang melalui aplikasi yang tersedia di Play Store dan App
Store.

Melalui program Bulan UMKM, Ninja Xpress juga membuat materi yang dapat diunduh yang dirancang untuk memfasilitasi pertumbuhan bisnis kecil.

Pertama, seri artikel mini, berupa rangkaian artikel singkat yang mudah dibaca yang berisi wawasan, kiat dan trik, serta strategi mengenai berbagai aspek pertumbuhan bisnis, mulai dari media sosial dan konten yang berhubungan dengan pemasaran hingga logistik.

Hal ini bertujuan membantu bisnis kecil dalam meningkatkan eksistensi mereka di dunia maya dan meningkatkan penjualan UMKM.

Kedua, materi lengkap bisnis, berupa template lembar kerja dan daftar cek list bisnis untuk membantu UMKM merampingkan operasi harian mereka.

Template yang tersedia, yaitu manajemen inventaris stok, kalender media sosial, dan daftar periksa persiapan belanja online akhir tahun. (mrk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler