Berita Duka, Lukas Sutedjo Meninggal Dunia, Umat Gereja Santa Theresia Berbelasungkawa

Senin, 21 Agustus 2023 – 06:18 WIB
Romo Frederikus Ivan Haryanto, Pr saat memimpin misa pemberangkatan jenazah almarhum Lukas Sutedjo di ruang Serbaguna Rusun Tanah Abang, Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2023) siang. Tampak istri, anak dan cucu almarhum (posisi kanan). Almarhum dimakamkan di TPU Menteng Pulo. Foto: Friederich Batari

jpnn.com, JAKARTA - Umat di lingkungan Gabriel, Wilayah Angela Paroki Santa Theresia Jakarta berdukacita. Pasalnya, Lukas Sutedjo, salah satu umat di wilayah itu meninggal dunia.

Lukas Sutedjo (74 tahun) meninggal dunia pada 18 Agustus 2023 Pukul 08.15 WIB di RSUD Tanah Abang, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Berita Duka, Seorang Haji Asal Salatiga Jateng Meninggal Dunia di Pesawat

Maria Cicilia Lily, istri dari Almarhum mengatakan suaminya meninggal dunia karena sakit.

BACA JUGA: Berita Duka: Whisnu Sakti Buana Meninggal Dunia, PDIP Merasa Kehilangan

Romo Yustinus, OFM saat memimpin misa requiem untuk almarhum Lukas Sutedjo di ruang Serbaguna Rusun Tanah Abang, Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (18/8/2023) malam. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

Untuk diketahui, Almarhum meninggalkan istri bernama Maria Cicilia Lily dan tiga anaknya beserta menantu serta lima cucunya.

BACA JUGA: Berita Duka, Prof. Sri Adininingsih Mantan Ketua Wantimpres Meninggal Dunia

Adapun anak-anak dari almarhum adalah Ignatius Kurniawan dan istrinya, Dorothea Devita; Johanes Juliasman dan istrinya Natalia Intan PN, dan Valens Dharmairenan.

Sementara lima cucu dari almarhum adalah Stanislaus Steven Kurniawan, Savina Stevie Kurniawan, Serafina Stecia Kurniawan, Jonathan Rafael Makayasa, dan Kristoforus Arsenio Reswara.

Almarhum sebelum dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo, disemayamkan di Ruang Serbaguna Rusun Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Ignatius Kurniawan dalam sambutannya mewakili keluarga menyampaikan terima kasih kepada para Romo yang mendoakan dan memimpin misa sejak dari RSUD Tanah Abang, selama almarhum disemayamkan hingga ke pemakaman di TPU Menteng Pulo.

Dia juga berterima kasih kepada umat yang berpartisipasi dan terlibat aktif sehingga proses pemakaman dapat berjalan lancar.

Romo Herlan Polycarpus Ulukyanan, Pr saat memimpin Misa penutupan peti jenazah almarhum Lukas Sutedjo di ruang Serbaguna Rusun Tanah Abang, Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (19/8/2023) malam. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

Maria Cicilia menuturkan beberapa saat almarhum meninggal di RSUD Tanah Abang, Romo FX Dedo Da Gomez, SJ selaku Pastor Kepala Paroki Santa Theresia datang mendoakan dan memberikan berkat.

Selanjutnya, misa requiem pada Jumat, 18 Agustus 2023 Pukul 19.00 WIB dipimpin oleh Romo Yustinus, OFM.

Kemudian Misa penutupan peti jenazah pada Sabtu, 19 Agustus 2023 Pukul 19.00 WIB dipimpin Romo Herlan Polycarpus Ulukyanan, Pr.

Terakhir misa pemberangkatan dan pemakaman pada Minggu, 20 Agustus 2023 Pukul 11.00 WIB dipimpin oleh Romo Frederikus Ivan Haryanto, Pr.

Romo Ivan mengajak umat untuk mendoakan almarhum semoga tempat terbaik di Surga.

“Semoga karena pembaptisan, almarhum Lukas Sutedjo diampuni dan mendapatkan tempat terbaik bersama Kristus (Yesus Kristus),” ujar Romo Ivan.

Untuk diketahui, almarhum dikenal aktif di lingkungan Gereja Santa Theresia. Ia pernah menjadi pengurus lingkungan maupun Pengembangan Sosial Ekonomi.

Dalam urusan pemerintahan, Almarhum Lukas juga pernah menjadi pengurus RT di lingkungan RW 011 Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Maria Cicilia Lily, istri dari Almarhum Lukas Sutedjo bersama anak-anak dan cucu berfoto bersama di ruang Serbaguna Rusun Tanah Abang, Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2023) siang sesaat sebelum diberangkatkan ke TPU Menteng Pulo. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

Tampak umat dan warga Rusun Tanah Abang bersolider dan terlibat sejak Almarhum disemayamkan hingga ke tempat peristirahatan terakhir Almarhum di TPU Menteng Pulo, Jakarta Pusat.

Sejumlah tokoh yang hadir di antaranya Robby Pati, Ibu Yoanna Widya Yennita, Basuki Wijaya, Ibu Leo Suparti, Ibu Katrina Widyaningsih, Conny Renny Raintung, Maria Dwiputranti, Joseph Gosal, Widyasetyoningsih, Wilhemul Doa, Julius D Haryanto, Maria Justina Roolin, Meidiana Evita Thadea, dan Alfreno.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler