Berjilbab, Jangan Siksa Rambut

Sabtu, 02 Agustus 2014 – 16:13 WIB

jpnn.com - SURABAYA – Berjilbab tidak berarti harus cuek dengan kesehatan rambut. Justru, saat seharian tertutup jilbab, rambut perlu perawatan intensif. Jika hal tersebut sering diabaikan, rambut akan rusak dan mudah rontok.

Potensi besar kerusakan rambut bagi perempuan berjilbab adalah bercabang, pecah-pecah, dan pertumbuhan terhambat. Parahnya, rambut akan berevolusi atau berubah tekstur. Kondisi kulit kepala pun menjadi lembap, berminyak, dan berketombe.

BACA JUGA: Rawat Sepatu dengan Kotak Transparan

Pakar hairdo Surabaya Arie Hidayat mengatakan, rambut bisa rusak karena sulit bernapas lantaran tertutup rapat. Apalagi saat suasana panas. Kulit kepala pun mengeluarkan banyak keringat yang bisa menyumbat pori-pori. ’’Akar rambut jadi mudah rontok dan menghambat proses pertumbuhan rambut. Kadar minyak berlebihan juga menimbulkan ketombe,’’ ujar Arie.

Karena itu, perempuan berjilbab harus care terhadap kesehatan rambut meski tertutup. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah trimming atau memangkas ujung rambut tiap bulan. Lalu, beri nutrisi pada batang rambut secara rutin sesudah keramas. Nutrisi tersebut bisa berupa masker khusus untuk rambut.

BACA JUGA: Ayo Belajar tentang Bencana Alam

Treatment pun bisa dijalani perempuan berjilbab. Cara yang mudah untuk diaplikasikan sendiri di rumah adalah memberikan treatment yang mengandung mentol dan minyak pada batang rambut. Itu dilakukan untuk mengurangi stres pada rambut dan menghilangkan bau tidak sedap pada batang rambut. ’’Biar rambut tampak kembali segar dan bersih,’’ paparowner dari Arie Harry Salon & Bridal itu.

Yang juga penting adalah mencegah kerusakan rambut sebelum parah. Misalnya, memakai sampo sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala. Kalau sampo tak sesuai, kerusakan rambut justru bisa kian parah. Dalam kondisi demikian, yang bisa dilakukan adalah hair mask atau hair spa.

BACA JUGA: Eksistensi Aromaterapi yang Kian Beragam

Selain itu, peeling dengan lotion buat meng-scrub kulit kepala harus dilakukan untuk mengurangi kadar minyak berlebihan. Kulit kepala juga bersih dari debu. ’’Untuk penyembuhan, lakukan seminggu sekali oleh ahlinya,’’ tambahnya.

Arie mengatakan, rambut yang sehat berawal dari kulit kepala yang sehat pula. Hal tersebut ditandai dengan rambut terlihat berkilau, lentur, dan bersih. Perempuan berjilbab pun bisa mendapatkan rambut sehat dan indah. Syaratnya, tidak boleh cuek dengan rambut tersebut.

Misalnya, mengeringkan rambut sebelum memakai jilbab. Hal sepele itu, lanjut Arie, tampaknya merupakan pemicu terbesar penyebab ketombe dan kerusakan akar rambut. ’’Jangan menutup rambut saat basah, bikin lembap,’’ ujarnya. (ayu/c7/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gantikan Istri Pose Hamil


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler