Berkas Calon Haji Belum Tuntas

Senin, 01 Oktober 2012 – 08:32 WIB
MALANG – Hingga H-10 pemberkasan calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Malang masih belum tuntas. Sampai dengan kemarin, masih ada  tiga CJH yang belum menyelesaikan pengurusan paspornya. Harusnya semua pemberkasan CJH sudah tuntas dan mempersiapkan diri untuk keberangkatan pertama pada 11 Oktober mendatang.

Jumlah  CJH Kabupaten Malang yang siap berangkat pada tahun ini mencapai 1936 orang jamaah. Jumlah jamaah asal daerah yang dipimpin H. Rendra Kresna itu menempati urutan kedua setelah Surabaya. Saking banyaknya, keberangkatan jamaah dibagi menjadi enam kelompok terbang (kloter). Empat kloter 54-57 akan berangkat pada 11 Oktober, sisanya ada 24 jamaah yang tergabung dengan Kloter 58 akan berangkat pada 12 Oktober. Ada juga sisa 126 orang jamaah asal Kabupaten Malang yang tergabung dengan kloter 76 yang akan berangkat jelang akhir pada 18 Oktober.

“Memang masih ada yang belum lengkap berkasnya, khususnya di paspor. Insya Allah, tiga CJH akan melakukan foto besok (hari ini, red). Harapannya, sore harinya sudah selesai untuk segera diajukan visanya,” kata Kasi Haji Kantor Kementrian Agama Kabupaten Malang, Abdurrahman kepada Malang Post (grup JPNN), kemarin.

Jumlah CJH Kabupaten Malang pun kembali berkurang. Setelah ada beberapa CJH yang tidak melunasi BPIH, kemarin juga ada dua CJH yang informasinya meninggal.

Hanya saja, pihaknya masih belum mendapatkan surat pernyataan dari keluarganya. Kemenag baru mendapatkan informasi secara lisan dan belum ada pernyataan secara tertulis. Dengan berkurangnya dua CJH, jumlah CJH yang akan mulai berangkat pada 11 Oktober menyisakan sebanyak 1934 orang jamaah yang siap berangkat.

“Kami masih menunggu  pernyataan secara tertulisnya. Informasi yang kami terima masih sebatas lisan,” terangnya.

Ditambahkannya, untuk persiapan keberangkatan CJH ke asrama haji Sukolilo Surabaya, Kemenag sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak yang terlibat dalam  pemberangkatan CJH ke tanah suci mulai dari kepolisian, Dishub, UPT Stadion Kanjuruhan dan lainnya.

Bupati Malang, Rendra Kresna dipastikan akan memberangkatkan CJH kloter 54-57 dari Stadion Kanjuruhan Kepanjen. Kamis pagi (11/10) mendatang sekitar jam 06.00 WIB, bupati akan melepaskan gelombang pertama CJH Kabupaten Malang. Tidak semua CJH diberangkatkan dari stadion, ada yang diberangkatkan dari masing-masing KBIH ada yang juga berkumpul di Lawang, untuk lebih memudahkan jamaah.

“Semuanya tetap akan berangkat bersama-sama ke asrama haji Sukolilo sebelum diberangkatkan langsung ke tanah suci,” tambahnya. (aim)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Galang Dana Bencana dengan Turnamen Golf

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler