Berkat Hujan, The Doctor Menghibur

Rebut Posisi Kedua di Belakang Lorenzo

Senin, 21 Mei 2012 – 06:00 WIB

LE MANS - Kondisi Valentino Rossi saat datang ke Sirkuit Le Mans untuk menjalang MotoGP Prancis tidak berbeda dengan seri-seri sebelumnya. Ducati Desmosedici GP12 yang dia tunggangi daya saingnya masih acak-acakan. Namun, berkat turunnya hujan, dia mampu finis di urutan kedua.

Rossi berhasil finis kedua setelah memenangi duel seru dengan Casey Stoner (Repsol Honda). Pada dua lap terakhir, dua pembalap yang sama-sama pernah merasakan manisnya menjadi juara dunia itu saling salip. Rossi akhirnya finis lebih baik berkat kelebihannya meliuk-liuk di tikungan.

Pembalap tercepat MotoGP Prancis kemarin adalah Jorge Lorenzo. Start dari urutan keempat, pembalap Yamaha Factory Racing itu sudah mengambil alih pimpinan lomba sejak lap pertama. Setelah itu, dia terus menambah gap untuk mengamankan kemenangan. Tambahan 25 poin membuat Lorenzo menggusur Stoner dari puncak klasemen sementara pembalap.

Setelah dalam dua lomba terakhir menyaksikan Stoner begitu dominan mengamankan kemenangan, fans MotoGP tentuya mendapatkan harapan baru terkait tontonan yang lebih seru kemarin. Aksi The Doctor "julukan Rossi- berduel dengan Stoner bisa disebut yang paling menghibur musim ini. Kalah ditrek lurus, mengambil keuntungan di tikungan.

Finis kedua tidak hanya menjadi catatan terbaik Rossi musim ini. Itu juga menjadi raihan terbaiknya sejak bergabung Ducati musim lalu. Sebagaimana diketahui, Rossi musim lalu hanya sekali naik podium di urutan ketiga. Uniknya, itu juga terjadi di Sirkuit Le Mans. 

"Saya sangat senang, hasil ini sangat penting bagi kami. Saya tahu kami punya peluang yang lebih baik di kondisi seperti ini (basah) untuk podium. Jadi saya membalap dengan konsentrasi lebih baik," kata Rossi seperti dikutip Autosport.

Tampil luar biasa nyaris sepanjang lomba bukan berarti Rossi menjalani lomba tanpa masalah. Visor (kaca) helmnya sempat berkabut saat mencoba mengejar Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso (dua-duanya dari Tech 3 Yamaha) di awal lomba.

"Saya mencoba membukanya dan sedikit demi sedikit udara masuk, hingga saya bisa melihat lagi. Saya makin dekat pada Stoner, tapi Cal dan Andrea terus mendekat. Itu membuat saya menekan hingga maksimal," jelas Rossi.

Sementara itu, Stoner yang sebelum lomba mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari ajang MotoGP akhir tahun nanti, menyatakan masalah ban membuat dia melambat pada beberapa lap terakhir.

"Saat hujan turun, ban belakang saya habis lebih cepat habis. Setelah itu, ban belakang saya selalu sliding saat akselerasi," ungkap Stoner.

Berikutnya, seri kelima akan diselenggarakan di Barcelona pada 3 Juni nanti. Tampil di kandang sendiri, Lorenzo tentunya akan lebih termotivasi untuk merebut kemenangan. Meski tampil di lintasan basah, hasil kemarin menunjukkan bahwa Yamaha M1 masih mampu mengimbangi kecepatan Honda RC213V. (ady/ang)

Hasil MotoGP Prancis
(28 Lap, Sepuluh Besar)

1. Jorge Lorenzo, Yamaha Factory Racing                    
2. Valentino Rossi, Ducati                      
3. Casey Stoner, Repsol Honda
4. Dani Pedrosa, Repsol Honda                      
5. Stefan Bradl, LCR Honda                  
6. Nicky Hayden, Ducati                     
7. Andrea Dovizioso, Tech 3 Yamaha              
8. Cal Crutchlow, Tech 3 Yamaha            
9. Hector Barbera, Pramac Ducati            
10. Alvaro Bautista, Honda Gresini

Klasemen Sementara MotoGP
1. Jorge Lorenzo          90 Poin
2. Casey Stoner           82
3. Dani Pedrosa           65
4. Cal Crutchlow          45
5. Andrea Dovizioso    44
6. Valentino Rossi       42
7. Stefan Bradl            35
8. Alvaro Bautista       35
9. Nicky Hayden         33
10. Hector Barbera     26
BACA ARTIKEL LAINNYA... Sepatu Emas Liga Champions Milik Messi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler