Berkat Srikandi Ganjar, Warga Sulsel Terdorong Kembangkan Budi Daya Rumput Laut

Kamis, 04 Januari 2024 – 14:37 WIB
Srikandi Ganjar mengajak warga di Luwu Timur, Sulawesi Selatan untuk melakukan budi daya rumput laut. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, LUWU TIMUR - Sukarelawan Srikandi Ganjar menggelar Edukasi Budidaya Pembibitan Rumput Laut di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (4/1/2024).

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan, Nurul Awainah mengatakan budi daya rumput laut masih memiliki potensi ekonomi yang besar.

BACA JUGA: Fuji Klarifikasi Soal Pakaian Saat Bertemu Ganjar Pranowo

“Budi daya rumput laut merupakan salah satu jenis budi daya di bidang perikanan yang mempunyai peluang untuk dikembangkan di wilayah perairan Indonesia,” kata dia dalam siaran persnya, Kamis.

Pada kegiatan itu, Nurul mengatakan budi daya rumput laut dapat memperluas kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan di wilayah setempat.

BACA JUGA: Bawa Harapan ke Blora, Pak Ganjar Bakal Hapus Kredit Macet Petani

Bahkan, pembudidayaannya juga disebut akan melestarikan lingkungan karena keberadaan rumput laut akan memberikan tempat berlindung bagi ikan dan makhluk laut sejenisnya sehingga populasinya bisa terus bertambah.

“Budi daya rumput laut memiliki peranan penting dalam usaha meningkatkan produksi perikanan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi dalam negeri,” kata Nurul.

BACA JUGA: Kunjungi Pabrik Mainan, Ganjar Ceritakan Kesukaannya Membagikan Barang ke Anak-anak

Setelah mengikuti kegiatan kali ini, para peserta didorong untuk mempraktekan teori yang dipelajari dalam kegiatan kali ini pada pertengahan tahun ini, tepatnya antara Juli-Agustus 2024 yang akan datang.

“Rumput laut dibudidayakan pada musim timur (Juli dan Agustus) dan dipanen pada umur yang berbeda, yaitu umur panen 30 hari, 45 hari, dan 60 hari,” ujar Nurul.

Adapun, metode budi daya rumput laut yang digunakan dan dijelaskan oleh pemateri kegiatan kali ini adalah metode long line dengan data yang dikumpulkan berupa data berat rumput laut dan data kualitas air.

Sementara itu, para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan yang digelar para sukarelawan Srikandi Ganjar kali ini karena bisa menambah pengetahuan dan memotivasi peserta untuk membudidayakan rumput laut.

“Warga sangat antusias dengan diadakannya giat budi daya rumput, warga menilai sukarelawan Srikandi Ganjar sangat memperhatikan peningkatan soft skill warga dengan adanya giat tersebut,” kata Nurul.

Menurutnya, warga bisa mengenal lebih dekat dengan pasangan Capres-Cawapres bernomor urut tiga, Ganjar-Mahfud dari para sukarelawan Srikandi Ganjar Sulawesi Selatan pada kesempatan tersebut.

“Ganjar-Mahfud dinilai sosok yang dekat dengan warga. Intensitas hubungan relawan yang cukup baik dengan warga menjadikan warga merepresentasikan sosok Ganjar-Mahfud dekat dengan warga,” ujar Nurul. (cuy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tanggapi Survei Starpoll AMIN Menang di Jawa, TPN Ganjar-Mahfud Jadikan Bahan Evaluasi


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler