Berkontribusi Pada Pendapatan Negara, SIG Raih Penghargaan BUMN Berprestasi

Minggu, 11 Desember 2022 – 13:11 WIB
Pabrik Semen Indonesia (SIG). Foto dok SIG

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja positif PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) yang berkontribusi pada pendapatan Negara melalui dividen mendapat apresiasi dari Metro TV.

SIG meraih penghargaan BUMN Berprestasi kategori Dividen Untuk Negara.

BACA JUGA: SIG Raih Top Sustainable Development Goals di Ajang TOP SDGs Award 2022

Penghargaan diterima oleh Senior Manager External Communications SIG, Novi Maryanti dalam acara Kenduri Untuk Negeri BUMN Berprestasi pada Minggu (4/12).

Kenduri Bagimu Negeri BUMN Berprestasi merupakan ajang apresiasi atas prestasi dan kontribusi perusahaan BUMN dalam membangun negeri.

BACA JUGA: Jokowi Dinilai Punya Ramuan untuk Bangkitkan Negara di Tengah Krisis, Unik dan Terbukti Berhasil

Penghargaan dibagi menjadi empat kategori, yaitu Dividen Untuk Negara, Ketahanan Pangan, Penugasan Pandemi Covid-19, dan Pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan realisasi dividen BUMN pada 2022 mencapai Rp 39,7 triliun, lebih tinggi Rp 3 triliun dari target sebelumnya.

BACA JUGA: Suguhkan Pawai Budaya Kerajaan kepada Masyarakat, Ganjar Pranowo Terharu

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, keberhasilan SIG meraih penghargaan ini membuktikan kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kinerja positif, sehingga bisa memberikan nilai tambah kepada stakeholders dan shareholders, khususnya kepada Pemerintah Indonesia melalui dividen yang disetorkan secara rutin.

Pada 2021, SIG berhasil membukukan laba bersih mencapai Rp 2,021 triliun.

Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham pada Maret 2022 lalu, laba bersih ditetapkan sebagai berikut, sebanyak 50,66% atau Rp 1,024 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai dan sebesar 49,34% atau Rp 997,190 miliar ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Dari jumlah dividen yang dibagikan itu, pemerintah mendapatkan Rp 522,34 miliar berkat kepemilikan saham sebesar 51,01%.

Terbaru, SIG secara konsisten mampu mencatatkan pertumbuhan yang solid, hingga kuartal III 2022.

EBITDA absolut tercatat meningkat 0,6% menjadi Rp 5,73 triliun dan marjin EBITDA meningkat 0,1% menjadi 22,7% dibandingkan tahun lalu.

Laba bersih Perseroan juga meningkat 18,9% menjadi Rp 1,65 triliun dengan peningkatan marjin laba bersih 1,0% menjadi 6,5% dibandingkan tahun lalu.

“Pencapaian ini tidak lepas dari upaya perusahaan yang terus fokus mengelola pasar, konsisten meningkatkan operational excellence untuk mencapai optimalisasi operasi dan efisiensi biaya, serta inisiatif untuk terus berinovasi mengembangkan diversifikasi produk dan solusi untuk menciptakan peluang dan pasar baru," tutur Vita.

Dengan demikian, sambung Vita, SIG dapat terus memberikan kontribusi terbaiknya kepada pemegang saham dan para pemangku kepentingan.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler