Bermula dari Berbincang soal Investasi Saham, Jatuh Cinta, Lalu Menikah

Selasa, 15 Februari 2022 – 19:10 WIB
Pasangan Ryo dan Novy yang bertemu di aplikasi investasi saham. Foto: IG @Ray94

jpnn.com, JAKARTA - Kisah cinta Sunaryo (Ryo) dan Novylia, muda-mudi yang kini telah sah menjadi pasangan hidup terbilang cukup unik karena bermula dari berbincang soal saham.

Pertemuan keduanya diawali bukan dari aplikasi kencan pada umumnya, melainkan Stockbit, platform untuk investasi saham.

BACA JUGA: Libur Imlek, Bisa Juga Nih Cek Rekomendasi Saham

Pasangan ini sama-sama menyukai dunia investasi dan bersua awal secara virtual di forum Stockbit tersebut.

Saat menerima kunjungan tim Stockbit di kediamannya di bilangan Jakarta Utara, Ryo mengisahkan aplikasi investasi saham ini punya andil besar dalam mengubah arah hidupnya.

BACA JUGA: Saham BBRI Diproyeksi Sentuh Level 5.000

Sunaryo alias Ryo alias @Ray94 alias KokoSaham ini pertama kali menjadi pengguna forum sosial Stockbit pada 2015.

Saat itu, dia ingin belajar saham dari pengguna-pengguna lain yang punya jam terbang lebih tinggi.

BACA JUGA: IHSG Dibuka Menguat, Saham Ini Berpotensi Cuan

“Dari dulu saya menjadi pengguna Stockbit karena saya melihat di forum sosialnya (Stream) banyak kesempatan untuk bertukar pikiran yang bermanfaat,” kata Ryo.

Segala aktivitas belajar saham Ryo berjalan seperti normalnya. Kemudian pada 2019, dia dan para investor saham Stockbit tanah air mendengar desas-desus bahwa salah satu raksasa teknologi dunia berpeluang membangun pusat produksi di Indonesia.

Kencang berhembus kabar ada salah satu perusahaan lokal yang akan digandeng sebagai mitra. Kabar itu juga diunggah Novylia.

Foreign inflow mantul. Mungkin Ipad dan MacBook Apple akan diproduksi beneran di Indonesia melalui kerja sama antara PTSN dan Pegatron.. Whatever it is, closely watch $PTSN !” cuit Novylia yang punya nickname @novyliasaputro di forum sosial Stockbit kala itu.

Tulisan Novylia tersebut ternyata memantik diskusi. Meski menyadari para pengguna Stockbit umumnya berdiskusi secara terbuka di forum, Ryo, yang mengaku baru pertama kali mengetahui perihal Novylia dari posting-an di Stream, memberanikan diri untuk mengontak langsung via Direct  Message (DM).

 “Setelah pembahasan mengenai isu tadi, saya langsung DM Novylia. Saya pun sempat ditanggapi agak dingin dan dia terlihat kurang berniat. Novylia bilang saya terlalu serius seperti dosen,” jelasnya.

Namun, mungkin namanya sudah niat, Ryo tidak mengibarkan bendera putih begitu saja.

Fakta bahwa dia dan Novylia punya latar belakang keilmuan yang sama, yakni akuntansi, membuatnya tidak terlalu sulit untuk menemukan topik-topik pembicaraan yang familiar.

Ketika ditanya apa yang terjadi selanjutnya, sambil tersenyum, pria yang sehari-hari bekerja di sektor keuangan ini menjawab dengan lugas.

“Setelah itu lanjut ke WhatsApp dan kami ketemuan," imbuhnya.

Akhirnya kisah yang berawal dari DM tentang saham itu berlanjut hingga ke pelaminan. Keduanya mengakhiri masa lajang di akhir 2021 lalu. 

Cheers to more love & cuan in the future,” tulis Ryo kala membagikan kisahnya di Stockbit Stream pada 21 Desember 2021 silam.

Pasangan ini juga menitipkan pesan bagi pasangan muda yang saat ini tengah belajar saham maupun yang sudah memutuskan bahwa berinvestasi saham merupakan salah satu strategi dalam perjalanan finansial mereka.

“Kalau mau investasi bareng-bareng, bagi-bagi pengeluarannya. Tentukan dulu berapa persen dari penghasilan yang akan diinvestasikan. Konsisten tiap bulan, misalnya setiap habis gajian. Dalam mengelola portofolio saham bersama, sebaiknya kedua pihak berdiskusi dulu sebelum ambil posisi. Analisis kelebihannya dulu. Analisis juga regulasi dan sentimen yang mendukung. Bagi-bagi tugas analisis saham sesuai pengetahuan yang dikuasai. Di Stockbit, ada fitur Push Notification yang sangat saya sukai karena saya bisa mendapatkan informasi secara real time mengenai corporate action dari emiten yang saya follow,” tutur Ryo.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler