Bernard Wibowo Berbagi Pengalaman Cara Meningkatkan Penjualan Produk

Rabu, 21 Juli 2021 – 01:59 WIB
Konsultan digital marketing yang juga influencer Batam, Bernard Wibowo. Foto: dok pri untuk jpnn

jpnn.com, BATAM - Di era serba digital sekarang ini, pemasaran digital (digital marketing) sangat berperan penting dalam memasarkan suatu bisnis, terutama bisnis seperti online shop.

Bahkan, dalam mengembangkan bisnis, kini harus melibatkan sosok yang berpengaruh terhadap pasar. Sosok tersebut dikenal dengan konsultan digital marketing.

BACA JUGA: Langgar Prokes dan Berbuat Tak Senonoh, Puluhan Orang Diamankan Satpol PP

Tugasnya seperti apa? Salah satu konsultan digital marketing bernama Bernard Wibowo pun mengemukakannya.

Menjadi konsultan pemasaran digital dilakukan Bernard Wibowo atau yang akrab disapa Bernard Huang ini bermula dari akun @deliciousbatam di Instagram yang ia tujukan sebagai rekomendasi makanan enak di Batam sejak 2014.

BACA JUGA: Polisi Tangkap Pelaku Utama Pengeroyokan Aiptu Suhardi, Tak Disangka, Ternyata

Seiring perkembangan, ia berproses, menjadi konsultan digital marketing yang diperhitungkan. Tak terbilang produk-produk yang sudah ia pasarkan.

Kegiatannya sebagai konsultan digital ini kerap dia bagikan lewat akun pribadinya @bernard_huangg di Instagram. “Lindungi diri Anda dengan masker terpercaya,” tulisnya lewat caption saat membagikan sebuah foto mengenakan dan memegang masker KF 94 berkualitas internasional buatan Batam.

Lewat unggahan di Instagram pertengahan Juli itu, Bernard membagikan pengalamannya mengapa memilih masker tersebut, pilihan warna, dan di mana masyarakat bisa mendapatkannya. Apalagi sekarang, lagi pandemi Covid-19.

“Tugas konsultan digital marketing itu bukan hanya profesional membangun branding dan memasarkan produk klien. Ada lagi, Harus melibatkan hati dan pengalaman juga. Dengan begitu hasilnya maksimal,” ujar Bernard di kawasan Lubukbaja awal pekan ini.

Pria 33 tahun ini menyebutkan, digital marketing merupakan teknik yang ia gunakan memasarkan bisnis ataupun usaha yang diinginkan kliennya. Tak pelit, ia pun membagikan ilmunya.

“Anggap calon klien itu teman kita. Konsultasi santai tetapi pokok persoalan bisnis harus jelas arahnya. Jenis bisnisnya apa? segmentasinya ke mana? Nah kalau dua ini sudah dipahami klien, maka saya bertugas memasarkannya secara digital. Melalui web, dan seringan sosial media karena pengaruhnya paling signifikan dalam aktivitas marketing yang tentu bertujuan meningkatkan penjualan,” ujar Bernard.

Dia menyebutkan, setiap produk punya marketnya dan segmennya sendiri. Dalam menerapkannya, sebagai seorang konsultan, Bernard menganalogikan kerjaannya sebagai dokter yang bertugas menegakkan diagnosa pasien.

“Ibarat dokter, setelah konsultasi, Konsultan digital marketing juga harus menegakkan diagnosa secara cepat. Diagnosanya apa? Jangkauan produknya. Kita harus mengetahui target market selanjutnya,” ujarnya.

Dia mencontohkan. Saat ada klien yang ingin memasarkan masker. Siapa target pasarnya? Semua usia, pria dan wanita.

“Namun saya menyarankan fokus target dengan pilihan pengguna media sosial aktif. Masker saat ini sebagai kebutuhan wajib harian kan? Banyak jenis juga. Nah bagaimana menjangkau pasar? Ya lewat berbagai konten digital media sosial seperti Instagram dan juga marketplace lainnya,” tambahnya.

Apakah sampai di situ saja? Bernard yang kini menjadi konsultan digital dua perusahaan besar di Batam menjelaskan, sosial media yang ia gunakan untuk membranding produk kliennya merupakan sebuah jembatan untuk mengarahkan para pengikutnya menjalankan transaksi jual beli ke berbagai tempat tempat produk resmi klien dipasarkan.

“Beragam produk saya pasarkan sekarang. Kadang saya juga bertindak customer service ketika ada follower yang bertanya. Saya pasti menjawabnya, dan mengarahkan mereka menghubungi nomor kontak perusahaan atau klien untuk mengetahui informasi lebih lengkap atau bahkan membeli produk tersebut. Sebagian besar itu rentetan tugas saya sebagai konsultan digital marketing,” jelas Bernard.

Lebih lanjut dia mengatakan, kerap ia membuat ikatan rantai digital terhadap kliennya. Khususnya dalam bidang pemasaran produk kuliner.

“Kalau pemasaran produk kuliner saya tautkan di akun @deliciousbatam, sedangkan umum di akun pribadi @bernard_huangg. Tetap saling berhubungan dan itu juga memudahkan konsumen terlebih menguntungkan bagi saya dari sisi trafik akun dan jangkauan pelanggan,” ujar Bernard.

Bernard menambahkan, ia mendobrak batasan dirinya menjadi seorang konsultan digital marketing. Karena sampai saat ini ia juga bekerja sebagai manajer pemasaran sebuah perusahaan minuman asal Malaysia.

“Saling terkait kan. Tugasnya menjangkau pasar semaksimal mungkin. Kalau bisa dijalankan dua-duanya, why not? Toh tidak mengganggu jadwal kerja dan juga saya jadi terus belajar. Menggali ilmu, bekerja, menjalankan hobi. Sambil menyelam minum air. Saya menikmatinya,” tutup pria yang juga menjadi bintang iklan properti ini. (chy/bp)


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler