Berprestasi Sekaligus Kontroversi

Selasa, 17 April 2012 – 07:27 WIB

BENTROK antara Bayern Munchen versus Real Madrid dini hari nanri di Allianz Arena, Munchen, akan dipimpin wasit asal Inggris Howard Webb. Webb merupakan wasit elite dunia, tetapi bukan berarti dia lepas dari kontroversi.
   
Penunjukan FIFA yang menjadikan mantan polisi itu sebagai wasit final Piala Dunia 2010 antara Spanyol versus Belanda, menunjukkan bahwa dia merupakan wasit kelas satu. Dia juga reguler tampil sebagai wasit di beberapa laga elite Premier League dan Liga Champions.
   
Musim ini, Webb kebanjiran job. Sepanjang musim dia telah memimpin dalam 42 pertandingan di semua ajang dan empat di antaranya di Liga Champions. Kebetulan, dari empat laga itu tidak ada yang melibatkan Bayern ataupun Real.
   
Terlepas dari prestasi hebatnya, wasit berusia 40 tahun itu juga tidak lepas dari kontroversi. Di Inggris, beberapa rival Manchester United, menyebutnya sebagai pendukung Setan Merah, julukan United. Penyebabnya, karena keputusannya dianggap sering menguntungkan United.
   
Ryan Babel, yang ketika itu masih striker Liverpool, pernah mengirim foto bergambar Webb yang direkayasa memakai kostum United ke akun twitter. Bukan tanpa alasan dia memposting gambar itu, dia kesal dengan keputusan-keputusan Webb.
   
Dia memposting setelah Liverpool kalah dari United 0-1 pada putaran ketiga Piala FA musim lalu, 9 Januari tahun lalu. Keputusan Webb memberikan penalti kepada United dianggap berlebihan, karena Daniel Agger dianggap melanggar Dimitar Berbatov. Parahnya lagi, dia kemudian mengkartu merahkan Steven Gerrard.
   
"Mereka menyebut wasit ini salah satu yang terbaik?," begitu tulis Babel, di akun twitter, seperti dikutip Goal.
   
Cela Webb lainnya adalah ketika Chelsea ditahan United 3-3 (5/2). Sudah unggl tiga gol, United mampu menyamakan skor, dua gol di antaranya melalui titik penalti. Nah, penalti itulah yang dianggap tidak fair.
   
Penalti pertama diberikan Webb kala Daniel Sturridge melakukan kontak ringan dengan Patrice Evra. Sementara yang kedua cukup kontroversial. Webb menunjuk titik penalti kala Branislav Ivanovic menjatuhkan Danny Welbeck. Padahal dari tayangan ulang, terlihat seperti justru Welbeck yang membenturkan kakinya ke Ivanovic. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Terbantu Gol Hantu


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler