Bertebar Talenta Muda dari Akademi

Jumat, 18 Januari 2013 – 09:19 WIB
BARCELONA memang dikenal sebagai tim dengan akademi sepak bola paling yahud sedunia. Lihat saja daftar jebolan akademi Barcelona La Masia. Tetapi, Bayern Munchen juga tidak kalah hebat dalam mengorbitkan jebolan akademinya.

Di daftar pemain utama Bayern musim ini ada Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, Holger Badstuber, David Alaba, Toni Kroos, Diego Contento, dan Thomas Mueller. Mereka semuanya adalah jebolan Bayern Munchen II.

Dengan bagusnya akademi Bayern akan memudahkan Josep Guardiola dalam menjalankan tugasnya. Kebetulan, selama melatih Barcelona dia memberikan perhatian lebih kepada para pemain muda jebolan La Masia.

Pedro Rodriguez dan Sergio Busquets merupakan contoh nyata dari pemain orbitannya. Mereka melengkapi kekuatan jebolan La Masia sebelumnya di skuad utama seperti Lionel Messi, Carles Puyol, Andres Iniesta, Victor Valdes, dan sejumlah nama lain.

Dulu, selama di Barcelona, dia punya kebiasaan nongkrong di lapangan latihan tim junior dan memantau bakat-bakat muda akademi. Nah, sebelum resmi melatih musim depan, dia punya kesempatan memantau bakat-bakat muda Bayern.

"Dia (Guardiola) memilih Bayern karena inilah yang terbaik dari seluruh tim yang memberi tawaran. Organisasinya, tradisinya, dan mereka memiliki akademi serta sejumlah pemain muda potensial di masa depan," kata Josep Maria Orobig, agen Guardiola, seperti dikutip ESPN.

Saat ini, dari jajaran pemain muda Bayern yang masih membela Bayern Munchen II, ada beberapa nama yang mulai diberi kepercayaan membela tim senior, seperti Emre Can. Selain itu ada Daniel Wein, dan Patrick Weihrauch.

Can yang masih berusia 19 tahun sejatinya memiliki potensi mengisi lini tengah Bayern. Hanya, selama ini posisi itu telah disesaki Schweinsteiger, Kroos yang juga jebolan akademi Bayern serta Luiz Gustavo dan Javi Martinez.      

Selain Can, Weihrauch juga sudah mendapatkan kontrak profesional bersama Bayern. Pemain berusia 18 tahun itu bisa mengisi semua posisi di lini depan. Saat Mario Gomez cedera engkel, dia sering dipanggil ke skuad utama Bayern. (ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dipanggil Sidang, 14 Pemain Ogah Datang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler