Bertemu Presiden FIFA, Jokowi: Stadion Kanjuruhan akan Kami Runtuhkan

Selasa, 18 Oktober 2022 – 16:14 WIB
Pintu 13 Stadion Kanjuruhan. Konon di lokasi ini ditemukan banyak Aremania yang meninggal. Foto: Ridho Abdullah/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Bertemu Presiden FIFA, Jokowi: Stadion Kanjuruhan akan Kami Runtuhkan.

Presiden FIFA Gianni Infantino sudah melakukan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Selasa (18/10) siang.

BACA JUGA: Setelah Jumpa Pers di Istana, Presiden FIFA Semobil dengan Erick Thohir, ke Mana?

Pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan kepada Presiden FIFA mengenai rencana meruntuhkan Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur.

Selanjutnya, Stadion Kanjuruhan akan dibangun kembali sesuai dengan standar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

BACA JUGA: Pernyataan Presiden FIFA Seusai Bertemu Jokowi di Istana Negara

"Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi untuk Stadion Kanjuruhan di Malang juga akan kami runtuhkan dan kami bangun lagi sesuai dengan standar FIFA," kata Presiden Jokowi setelah memberikan pernyataan bersama Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa.

Jokowi menjelaskan, pembangunan kembali Stadion Kanjuruhan tersebut akan menerapkan fasilitas lebih memadai.

BACA JUGA: Presiden FIFA Tiba di Istana, PSSI Tak Tampak di Lokasi

Stadion Kanjuruhan yang baru itu nantinya juga akan menjadi contoh stadion di Indonesia dengan fasilitas yang menjamin keselamatan penonton, pemain, hingga suporter.

"Sebagai contoh, standar stadion dengan fasilitas-fasilitas yang baik menjamin keselamatan penonton dan pemain dan juga untuk suporter," kata Presiden Jokowi.

Mengenai anggaran untuk pembangunan ulang Stadion Kanjuruhan, Jokowi mengatakan akan ditanggung oleh Pemerintah Pusat.

Pertemuan antara Jokowi dan Infantino menghasilkan kesepakatan kedua belah pihak untuk bersama-sama melakukan transformasi sepak bola di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut atas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 132 orang usai laga antara Arema FC dan Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10).

Jokowi dan Infantino juga berdiskusi terkait berbagai aspek sepak bola, seperti manajemen stadion, manajemen keamanan pertandingan sepak bola, manajemen pertandingan, hingga manajemen suporter.

FIFA Berkantor di Indonesia

Presiden Jokowi mengatakan FIFA juga akan berinvestasi dalam banyak hal, seperti membantu penerapan standar keselamatan dalam penyelenggaraan sepak bola, pembinaan suporter, pembangunan stadion, hingga mengembangkan sekolah sepak bola di Indonesia.

"Tadi, Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan bahwa FIFA ingin investasi banyak di Indonesia, dalam hal yang tadi berkaitan dengan stadion, keselamatan, suporter, sekolah sepakbola yang ada di Indonesia," ujar Jokowi.

FIFA akan berkantor di Indonesia guna mendukung transformasi sepak bola di Tanah Air. Pemerintah Indonesia berkomitmen segera menyiapkan kantor FIFA tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler