Berwajah Biasa Saja, Cak Rudi Membuat Belasan Cewek Teperdaya

Jumat, 28 April 2017 – 23:03 WIB
Kapolsek Mulyorejo Kompol Bagus Dwi Rusiawan bersama Rudi Ardianto alias Rudianto (diborgol) yang menjadi tersangka penipuan. Foto: Dida Tenola/ JawaPos.com

jpnn.com, SURABAYA - Rudi Ardianto alias Rudianto sebenarnya punya wajah biasa-biasa saja. Tidak setampan Tom Cruise atau se-macho Brad Pitt.

Namun, pria 38 tahun itu jago untuk soal rayuan gombal. Mulut manisnya dipakai untuk menipu perempuan sehingga membuatnya meringkuk di tahanan Polsek Mulyorejo, Surabaya.

BACA JUGA: Haduh! Nama Yuni Shara Dipakai untuk Menipu di Medsos

Sebenarnya Rudianto sudah berkeluarga. Namun, hal itu tak membuatnya terhalang untuk menyasar perempuan-perempuan yang lebih muda.

"Toh mereka mau sama saya. Biasa saja sih ngerayunya," beber Rudianto di Mapolsek Mulyorejo, Jumat (28/4).

BACA JUGA: Ibu Ini Saksikan Anaknya Dibunuh oleh Sang Suami, Live di Facebook

Awalnya, Rudi mencari sasaran lewat media sosial. Mulai Whatsapp, WeChat, hingga Facebook. Dia mencari perempuan yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya.

Untuk mengelabui calon korban, biasanya Rudi menjanjikan pekerjaan. "Saya bilang saja kalau bisa bantu, gajinya lumayan," tambah lelaki asal Tambak Wedi itu.

BACA JUGA: Bule Cantik Italia Itu Halus Seperti Putri Solo, Kini Mau Masuk Islam

Karenanya, banyak cewek kepincut pada janji manisnya. Apalagi Rudianto biasanya mengajak calon korbannya bertemu di kafe sehingga bisa akrab dan intens mengobrol.

Ayah tiga orang anak itu menuturkan, butuh waktu paling lama dua minggu sehingga korbannya benar-benar percaya. Setelah korban yakin, Rudianto akan meminjam motor.

"Setelah saya pinjam langsung saya iklankan,” katanya sembari menyebut nama sebuah situs kondang penyedia layanan jual beli.

Ternyata sudah 12 orang yang menjadi korban Rudianto. Dia tak hanya bisa membawa kabur motor, tapi juga ponsel milik korbannya.

Setelah berhasil menguasai barang-barang berharga milik korban, Rudianto langsung menjualnya. "Barang-barang itu paling lama laku seminggu," lanjutnya.

Meski demikian Rudianto mengaku tak sampai meniduri para korbannya. Paling banter dia cuma mengajak pacaran.

Tapi aksinya terbongkar setelah Unit Reskrim Polsek Mulyorejo menerima laporan penipuan. Rudianto ditangkap di rumahnya dengan barang bukti motor dan handphone yang belum sempat dia jual.

Biasanya motor dari korban dia jual dengan harga antara Rp 2 juta hingga Rp 3,5 juta. "Motor hasil penipuan itu cepat laku karena dijual murah,” ujar Kapolsek Mulyorejo Kompol Bagus Dwi Rusiawan.

Untuk menghindari pantauan polisi, biasanya Rudianto memasang nomor polisi yang palsu pada sepeda motor dari hasil menipu. "Korbannya rata-rata ditipu di Surabaya. Saat ini masih kami dalami apakah ada TKP lain selain itu," imbuh Bagus.(did/JPG)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Saat Bule Cantik Italia Datang, Seisi Bumi Menimpa Si Pemuda Batang..


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler