Besok, Kompetisi Honda DBL 2009 Dimulai di Papua

Kamis, 15 Januari 2009 – 07:10 WIB
JAYAPURA - Kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda DetEksi Basketball League (DBL) 2009, besok dibuka di GOR Cenderawasih, Jayapura, PapuaSebanyak 25 tim bakal berlaga hingga 23 Januari mendatang

BACA JUGA: Orlando Magic Tajam Luar Dalam

Terdiri atas 16 tim putra, sembilan tim putri, mewakili 16 SMA di Papua
Bukan hanya dari Jayapura, juga dari Wamena dan Merauke.

Kemarin, technical meeting seri pembuka diselenggarakan di ruang konferensi, lantai 8 Hotel Yasmin, Jayapura

BACA JUGA: Hummer Sempat Sulitkan VW

Selain membahas aturan-aturan kompetisi secara mendetail, juga diselenggarakan drawing
Tidak ada unggulan di Honda DBL 2009, sehingga siapa bakal bertemu dengan siapa adalah murni hasil undian peserta.

"Technical meeting pertama ini sangatlah penting bagi kami

BACA JUGA: Cruz Dibanderol Rp 412 M

Kalau lancar, maka kompetisi pun kemungkinan besar akan berlangsung lancar," kata Azrul Ananda, commissioner DBL yang kemarin membacakan aturan bersama peserta.

Berdasarkan pengalaman di berbagai provinsi, Azrul menjelaskan bahwa tidak semua tempat bisa menerima aturan ketat dengan cepat"Bahkan ada dengan lantang menentangnya saat technical meeting," ungkapnya.

Memang, kompetisi ini punya standar penyelenggaraan yang kadang melebihi tingkat profesionalMisalnya aturan pakaian rapi untuk ofisial (harus kemeja berdasi), atau batasan perilaku untuk pemain dan suporterBagi pemain, ada pula batasan umur dan aturan harus selalu naik kelas.

Di Jayapura kemarin, Azrul dan tim panitia Honda DBL 2009 (baik tim dari Surabaya maupun panitia lokal dari Cenderawasih Pos), justru merasakan semangat positif"Para peserta justru memberi saran supaya kompetisi ini bisa lebih maju lagiMulai soal kostum sampai penyelenggaraan," ujar Azrul.

Menjelang penyelenggaraan perdana di Papua ini, beberapa peserta mengaku sudah tak sabar bertanding"Ini kompetisi menarik dan positifJadi harus ada hasil yang positif juga diraih oleh tim," kata Ferdinan Dolase, manajer tim SMA Teruna Bakti Jayapura.

Bagi banyak peserta, kalah atau menang bukanlah yang utama"Jika kalah, maka momen ini bisa dijadikan motivasi bagi adik kelas, sehingga pada generasi mendatang kemampuannya tidak diragukan untuk ikut DBL," jelas Indra Saputra, kapten tim SMKN 6 Jayapura.

Untuk hari pertama besok, panitia akan open gate pukul 14.00 WITLaga putri bakal jadi pembuka, antara SMAN 3 Jayapura melawan SMAN 1 JayapuraLaga kedua sangatlah bergengsi, antara dua tim putri yang sama-sama diunggulan sebagai juaraYaitu SMAN 2 Jayapura versus SMA Teruna Bakti JayapuraHasil undian memutuskan mereka harus bertemu duluanBanyak yang bilang, ini adalah final dini

Menghadapi laga itu, tim Teruna Bakti terkesan lebih percaya diri"Di tahun-tahun sebelumnya kami sudah sering bertemu, dan kami lebih sering menang," kata Dave Frits Richard Rahawarin, pelatih Teruna Bakti.

Rangkaian Honda DBL 2009 diselenggarakan di 16 kota, di 15 provinsi di IndonesiaSeri di Papua berlangsung hampir bersamaan dengan di Nusa Tenggara BaratHari ini, technical meeting juga diselenggarakan di MataramPertandingan di Pulau Lombok itu dimulai Sabtu lusa (17/1), sehari setelah pembukaan di Jayapura(art)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sampdoria Gaet Pazzini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler