Biar Rotasi, Tetap Ambisi

Sabtu, 20 April 2013 – 07:38 WIB
BARCELONA – Real Madrid sudah lempar handuk dari perburuan gelar Primera Division Spanyol. Praktis, hanya tinggal tunggu waktu bagi Barcelona memastikan gelar ke-22. Mereka hanya terpisah sembilan angka dari pesta juara.

Masalahnya, apabila Barca terlalu memaksakan diri untuk segera juara dengan menurunkan pasukan terbaiknya, maka konsentrasi akan terpecah. Sebab, mereka harus bertarung di first leg semifinal Liga Champions melawan Bayern Munchen (23/4).

Karena itu, entrenador Barca Tito Vilanova harus piawai merotasi pemain. Dia harus menjaga keseimbangan tim ketika menjamu Levante pada jornada ke-32 di Nou Camp, dini hari nanti (siaran langsung Trans TV pukul 00.50 WIB).     

Merotasi tim dan kemudian tergelincir melawan Levante memang tidak akan banyak berpengaruh bagi takhta klasemen sementara. Hanya, gelar juara yang sedikit terhambat. Namun, berpotensi mempengaruhi mentalitas tanding mereka sebelum melawan Bayern.

Untungnya, pasukan pelapis Barca juga tidak kalah kualitas. Faktanya, menurunkan tim yang didominasi pasukan pelapis melawan Real Zaragoza (14/4), mereka tetap menang 3-0. ”Perubahan skuad bukan berarti berbeda target. Tetap harus menang,” kata Jordi Roura, asisten pelatih Barca, seperti dikutip Sport.

Lagipula, para pemain pelapis seperti Cristiano Tello, Martin Montoya, Marc Bartra, Thiago Alcantara, dan Alex Song, semakin termotivasi membuktikan kemampuan mereka. ”Saya telah menyiapkan diri sepanjang musim untuk mendapatkan momen seperti ini,” kata Bartra.

Dia akan mengisi jantung pertahanan yang ditinggal Gerard Pique, Carles Puyol, dan Javier Mascherano. Jebolan akademi La Masia itu bahkan punya ambisi untuk tampil bagus agar dilirik ketika pertandingan melawan Bayern.

Bartra juga menolak rileks meski sudah unggul jauh di klasemen sementara. Mereka mengemas 81 poin dan Real di posisi kedua dengan 68 poin. ”Ini tidak mudah. Kami unggul jauh dan membuat terlena. Kami harus tetap bekerja keras agar segera memastikan gelar,” lanjut Bartra.

Semangat Barca lebih menggila seiring dengan pulihnya Lionel Messi. Memang, dia kemungkinan besar tidak diturunkan, karena lebih difokuskan untuk Bayern. Tetapi, selama ini striker asal Argentina itu selalu bisa menyuntikkan motivasi.

Absennya Messi, membuat kubu Levante gembira. ”Barcelona sudah beberapakali bermain tanpa Messi dan mereka akan melanjutkan melawan kami. Ini waktu yang tepat buat kami,” kata Sergio Ballesteros, kapten Levante, seperti dikutip Football Espana.

Namun, dia tidak mengatakan Barca lebih lemah. ”Saat mereka berada pada mentalitas tanding yang bagus, kami akan kesulitan. Mereka bahkan tidak membutuhkan Messi untuk merebut kemenangan,” lanjut Ballesteros. (ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Deltras Datangkan Dua Pemain Asing

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler