Biaya Transportasi JCH ke Embarkasi Batam Naik

Minggu, 26 Mei 2013 – 12:55 WIB
RENGAT  - Sedikitnya 240 orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Inhu pada musim haji tahun 2013 ini tetap akan berang kat menuju embarkasi Batam menggunakan pesawat carteran Sky Aviation dari Bandara Japura, Kecamatan Lirik. Sementara, biaya yang harus dikeluarkan JCH naik dari tahun sebelumnya yakni Rp4.600.000 menjadi sekitar Rp4.975.000.

Hal itu terungkap melalui hasil kesepakatan bersama yang diambil perwakilan JCH dari seluruh kecamatan di Inhu dengan Pemkab Inhu dan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Inhu serta pihak penerbangan Sky Aviation usai ekspose jasa transportasi domestik di Kantor Kemenag Inhu.

"Berdasarkan kesepakatan, kemungkinan JCH asal Inhu tetap akan menggunakan pesawat carteran Sky Aviation dari Bandara Japura menuju embarkasi Batam. Namun untuk finalnya akan dituangkan dalam MoU dengan pihak Sky Aviation," ujar Kepala Kemenag Inhu, H Abdul Kadir.
         
Diungkapkan Abdul Kadir, jika nantinya transportasi domestik JCH Inhu menuju embarkasi Batam tetap menggunakan pesawat Sky Aviation, maka hal ini akan sama dengan tahun 2011 dan 2012 lalu. Sehingga akan ada beberapa kali penerbangan. Sebab, Sky Aviation akan menggunakan pesawat jenis Fokker 50 dengan daya tampung penumpang 48 orang.
  
"Untuk saat ini JCH asal Inhu sekitar 240 orang. Mudah-mudahan saja akan ada penambahan. Dengan jumlah tersebut kemungkinan akan ada 5 penerbangan, disesuaikan dengan jumlah JCH," jelasnya.
         
Terkait jadwal keberangkatan, kata Abdul Kadir, sepenuhnya merupakan kewenangan pihak embarkasi. Saat ini yang akan dilakukan JCH asal Inhu adalah pengurusan paspor bagi JCH yang belum memiliki paspor.
         
Sementara itu, Wakil Bupati Inhu, H Harman Harmaini SH MM berharap pelaksanaan haji tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, terutama  dari segi pelayanan. Sebab, tahun lalu terdapat kendala transportasi domestik, baik keberangkatan maupun pada saat pemulangan jemaah. "Kita tidak ingin ada keluhan tentang biaya mahal, sementara pelayanan kurang memuaskan karena itu bisa menganggu para JCH yang akan berangkat," ucapnya.
         
Harman juga mengungkapkan bahwa Pemkab Inhu tidak memiliki wewenang dalam mengalokasikan anggaran keberangkatn JCH ke tanah suci. Meski demikian, Pemkab Inhu minta agar pelayanan terhadap JCH, khususnya mengenai transportasi domestik bisa terpenuhi, terutama kenyamanan dan keselamatan.
         
Perwakilan Sky Aviation di Pekanbaru, A Taufan, mengungkapkan, dari pengalaman sebelumnya, keberangkatan JCH Inhu pada tahun 2011 dan 2012 melalui Bandara Japura menuju embarkasi Batam, menggunakan 2 atau 3 pesawat. Namun, biaya yang diperlukan sedikit tinggi dan dibutuhkan waktu 2 hari. "Biaya yang harus dikeluarkan JCH sekitar Rp4.975.000, meningkat dari harga tahun sebelumnya senilai Rp4.600.000," terangnya.(kas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Korban: Kami Dihantam Ombak Besar

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler