Bicara Udara Bikin Nobar Film Dokumenter Sengal di Rusunawa Marunda

Jumat, 17 Februari 2023 – 15:49 WIB
Kegiatan yang diadakan oleh komunitas Bicara Udara. Foto: Dok. Bicara Udara

jpnn.com, JAKARTA - Komunitas Bicara Udara kembali mengadakan kegiatan menonton bareng (nobar) film dokumenter Sengal yang memuat tentang dampak polusi udara.

Bicara Udara merupakan komunitas yang aktif menyuarakan pentingnya udara bersih di Jabodetabek.

BACA JUGA: Film Mantra Surugana Angkat Unsur Budaya Sunda Kuno

Adapun kegiatan nobar itu diadakan di Rusunawa Marunda, Jakarta Utara pada Kamis (16/2).

Selain mengadakan nobar, Bicara Udara juga mengundang aktivis lingkungan dan energi, Bondan Andriyanu sebagai narasumber dalam diskusi publik.

BACA JUGA: Reza Rahadian dan Laura Basuki Reuni di Film Berbalas Kejam

Co-Founder Bicara Udara, Novita Natalia, mengatakan, kegiatan nobar film dokumenter Sengal merupakan upaya untuk meningkatkan edukasi terkait ganasnya efek negatif polusi udara bagi masyarakat umum yang tinggal di sekitar Marunda.

"Bicara Udara ingin membantu mengutarakan keresahan masyarakat Marunda sembari memberi edukasi untuk solusi tentang langkah bersama yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak dari polusi udara di Kawasan Marunda," ujar Novita Natalia kepada awak media, Kamis (16/2).

BACA JUGA: Film Ant-Man and The Wasp: Quantumania Buka Phase 5 MCU

Dalam kegiatan yang bertajuk Birukan Langit Kelabu Marunda itu, Bicara Udara mendapat dukungan dari Panasonic untuk memberikan 10 unit pemurni udara (air purifier) kepada warga Rusunawa yang mengalami masalah kesehatan akibat polusi udara yang terus terjadi.

Melalui kegiatan ini, Bicara Udara ingin mengumpulkan aspirasi warga Rusunawa Marunda.

Rusunawa Marunda merupakan rumah susun yang bertetangga dengan kawasan industri dan pusat bongkar muat batu bara.

Aktivitas ini menimbulkan asap dan debu batubara, yang dapat mengganggu kesehatan warga di sekitarnya.

Berkaca dari realitas tersebut, Aktivis Lingkungan dan Energi, Bondan Andriyanu menilai perlunya upaya bersama untuk melakukan perbaikan.

Sementara itu, Head Of Communications PT Panasonic Gobel Indonesia, Viya V. Arsawireja menyambut baik program-program kampanye udara bersih yang dijalankan oleh Bicara Udara.

Adapun Sengal merupakan film dokumenter produksi Bicara Udara berkolaborasi dengan Vinci Studios yang mengangkat isu pencemaran udara di kawasan tersebut. (mcr7/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Firda Junita

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler