Bidik Enam Emas di ABG

Selasa, 27 Maret 2012 – 10:48 WIB

JAKARTA - Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Program Indonesia Emas (Prima) membidik enam medali emas di ajang Asian Beach Games (ABG) Haiyang III pada 16-22 Juni 2012 mendatang. Hal itu diungkapkan Sekretaris Dewan Pelaksana Prima, Djoko Pekik Irianto.

"Target medali emas ada di empat cabang olahraga. Selain itu kami ingin memperbaiki peringkat menjadi di posisi tiga besar," kata Djoko Pekik ketika dihubungi.  Dia mengatakan prospek medali emas untuk ABG Haiyang III/2012 tersebut berada di cabang olahraga perahu naga (2 medali), sepak takraw (1 medali), voli pantai (1 medali), dan sepatu roda (2 medali).

Sebelumnya, prestasi Indonesia memuncak di ajang ABG Bali I/2008 dengan menyabet gelar juara umum. Namun, prestasi tersebut merosot cukup tajam saat pelaksanaan ABG Muscat II/2010 dengan hanya menjadi peringkat lima. Indonesia hanya mampu meraih tiga medali emas, dua medali perak, dan enam medali perunggu pada ABG Muscat II/2010.

Sementara itu, tiga bulan menjelang pelaksanaan ABG Haiyang XXX/2012, 16-22 Juni, pemerintah baru mengesahkan Surat Keputusan (SK) pelatih dan atlet kontingen Indonesia pada Selasa lalu.  Dalam SK tersebut, baru lima dari delapan cabang olahraga yang ditetapkan oleh Dewan Pelaksana Prima untuk bertanding di ABG Haiyang.

Kelima cabang olahraga tersebut adalah perahu naga, voli pantai, sepak takraw, sepatu roda, dan panjat dinding. Sementara tiga cabang olahraga lain, yaitu power gliding (paralayang menggunakan mesin motor), selancar angin, dan ski air, masih ditunda penetapannya ke dalam SK karena belum didukung dengan data prestasi para atlet yang lengkap.

"Tim seleksi masih akan menunggu kelengkapan data prestasi para atlet dari ketiga cabang olahraga tersebut untuk dilakukan verifikasi paling lambat pada akhir pekan. Sehingga, jika nanti lolos verifikasi akan disusulkan dalam SK ABG," jelas Djoko Pekik.

Dalam SK tersebut juga disebukan sebanyak 76 atlet telah ditetapkan mewakili Indonesia dalam ajang kejuaraan olahraga pantai dua tahunan itu.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan sebanyak maksimal 140 atlet untuk mengikuti pemusat pelatihan nasional (pelatnas) untuk ABG. Sementara pada saat batas akhir pendaftaran nama atlet (entry by name), yang ditutup pada April, sebanyak maksimum 121 atlet diharapkan dapat lolos kualifikasi dan berangkat ke Haiyang. (ali)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Zanetti Bisa Pensiun Juni


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler