Bikin Final Ideal Piala Asia

Kamis, 27 Januari 2011 – 07:28 WIB
DOHA - Australia selangkah lagi merebut gelar Piala Asia 2010Itu apabila Australia sukses mengalahkan Jepang di final Sabtu nanti (29/1)

BACA JUGA: PSSI Gagal Bina Wasit

Socceroos - sebutan Australia - lolos setelah menang mudah enam gol tanpa balas atas Uzbekistan di Khalifa International Stadium kemarin dini hari.

Setengah lusin gol negara pindahan dari kawasan Oceania lima tahun lalu itu dicetak enam pemain berbeda
Diawali Harry Kewell pada menit kelima, lalu Sasa Ognenovski pada menit ke-35, David Carney (65) dan Brett Emerton (73), serta Carl Valeri dan Robbie Kruse masing-masing di menit ke-82 dan 83.

Duel Australia versus Jepang boleh dibilang final ideal Piala Asia 2011

BACA JUGA: Tango Tanpa Tevez Lawan Portugal

Itu karena kedua tim memiliki ranking tertinggi di Asia saat ini
Australia berperingkat ke-26 dunia, sedangkan Jepang tiga tingkat di bawah.

Dibandingkan kontestan lain, kedua tim juga memiliki pemain paling banyak yang bermain di klub Eropa

BACA JUGA: PSSI Dituding Punya Agenda Tersembunyi

Dari 23 pemain dalam skuadnya, Socceroos memiliki 16 pemain yang membela klub Benua Biru, sedangkan Samurai Biru - julukan Jepang - berkekuatan 10 pemain.

"Jepang harus berhati-hati karena kami tidak hanya tajam di lini depan, tapi juga solid dalam bertahan," kata Holger Osieck, pelatih Australia, seusai kemenangan atas Uzbekistan seperti dilansir Associated Press.

Osieck mengatakannya berpatokan pada kemenangan atas Uzbekistan"Senjata rahasia kami adalah bagaimana kami menata diri di lapanganPermainan kami terpola, agresif, tempo tinggi, dan selalu mengkreasi peluangSaya sangat senang dengan apa yang dilakukan pemain kami sepanjang turnamen," tambahnya.

Osieck bisa menjadi kartu truf Australia karena pernah melatih di J-League bersama Urawa Reds DiamondPelatih 62 tahun Jerman itu bahkan dua periode melatih Urawa, 1995-1996 dan 2007-2008, plus mempersembahkan gelar Liga Champions Asia empat tahun lalu.

"Final hebat karena mempertemukan dua tim raksasa AsiaJuga akan tercipta permainan menarik karena kedua tim memiliki gaya permainan berbeda," ucap kiper Australia Mark Schwarzer yang kemarin menyamai rekor caps terbanyak Australia milik Alex Tobin (87 caps) itu kepada Reuters.

Schwarzer yang kemarin menyamai rekor caps terbanyak Australia milik Alex Tobin (87 caps) itu yakin timnya berada dalam momentum bagus meraih juaraAustralia, sepertinya, juga tidak perlu menunggu edisi 2015 atau saat Negeri Kangguru itu berstatus tuan rumah.

Sementara itu, seiring gagal lolos ke final, Uzbekistan bakal berebut peringkat ketiga dengan Korea Selatan (Korsel) Jumat besok (28/1)Peringkat ketiga tetap krusial karena berhak mendapat tiket lolos otomatis di putaran final Piala Asia 2015Korsel berstatus "juara bertahan" peringkat ketiga setelah empat tahun lalu mengalahkan Jepang dengan adu penalti 6-5(dns)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Van Bommel Tambah Amunisi Rossoneri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler